Cara Menghilangkan aKarat Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Cara Menghilangkan Karat Mobil – Karat pada mobil bukan hanya merusak penampilan, tetapi juga bisa mengurangi umur kendaraan. 

Jika tidak segera ditangani, karat dapat menyebar dan merusak bagian-bagian penting pada mobil. Oleh karena itu, Kamu perlu segera menghilangkannya. 

Karat bisa dihilangkan dan itu tidak sulit, jika Kamu mengetahui caranya. Ada beberapa produk peluntur karat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Mulai dari produk komersial khusus, hingga bahan alami lain. 

Cover Mobilmu akan membahas berbagai cara untuk melunturkan karat, tahapan menghilangkan karat pada mobil, serta bagaimana cara mencegah karat agar tidak kembali muncul. Mau tahu? yuk cek.

Apa Saja Yang Bisa Melunturkan Karat?

Karat terbentuk karena reaksi kimia antara besi, oksigen, dan air. Oleh karena itu, untuk menghilangkan karat, Kamu memerlukan produk atau bahan yang dapat melarutkan hasil reaksi tersebut. 

Berikut adalah beberapa bahan dan produk yang dapat kamu coba: 

Cara Menghilangkan Karat Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (2)
1. Cairan Peluntur Karat Komersial

Ada banyak produk peluntur karat yang dirancang khusus untuk mengatasi karat pada mobil. Produk-produk ini biasanya mengandung bahan kimia seperti asam oksalat, asam fosfat, atau chelating agents yang efektif dalam melarutkan karat. 

Beberapa merek populer seperti WD-40 Specialist, Rust-Oleum Rust Dissolver, dan CRC Rust Converter sering direkomendasikan oleh para pengguna.

2. Cuka

Salah satu manfaat cuka adalah bahan yang umum digunakan di rumah dan juga bisa berfungsi sebagai peluntur karat. Kandungan asam asetat dalam cuka cukup kuat untuk melarutkan karat. 

Caranya, rendam bagian yang berkarat dalam cuka selama beberapa jam atau semprotkan cuka pada permukaan berkarat, lalu sikat dengan kain atau sikat baja.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dan yang Jarang Dipakai

3. Lemon dan Garam

Jika Anda menginginkan bahan alami yang mudah ditemukan, campuran lemon dan garam bisa menjadi pilihan. 

Asam sitrat dalam lemon membantu melarutkan karat, sementara garam bertindak sebagai abrasif yang membantu mengikis karat dari permukaan logam.

4. Baking Soda

Baking soda sering digunakan sebagai pembersih serbaguna, termasuk untuk menghilangkan karat. 

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada bagian berkarat. Setelah itu, gosok menggunakan sikat lembut hingga karat terangkat.

5. Cairan Penetralisir Karat

Selain peluntur karat, ada juga produk penetralisir karat yang bekerja dengan mengubah karat menjadi lapisan pelindung. 

Produk seperti ini biasanya mengandung bahan kimia yang mengkonversi oksida besi menjadi senyawa yang lebih stabil, sehingga mencegah karat menyebar lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Mencuci Kolong Mobil Sendiri, Apa Bisa? Ini Tipsnya

Tahapan Cara Menghilangkan Karat Mobil

Menghilangkan karat pada mobil tidak bisa sembarangan. Ada tahapan yang perlu diikuti agar hasilnya maksimal dan cat mobil tetap terlindungi. Berikut langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan:

Cara Menghilangkan Karat Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (3)
  1. Cari Bagian Berkarat
  2. Bersihkan Permukaan Berkarat
  3. Gunakan Peluntur Karat
  4. Gosok Karat dengan Sikat Baja atau Amplas
  5. Bilas dan Keringkan
  6. Lapisi dengan Primer atau Cat

Langkah pertama adalah memeriksa seluruh bagian mobil untuk menemukan area yang terkena karat. Biasanya, karat muncul pada bagian bawah pintu, sekitar roda, atau area yang sering terkena air dan kelembapan.

Sebelum mulai proses penghilangan karat, bersihkan area tersebut dari kotoran, debu, dan minyak. Gunakan kain bersih atau sabun khusus untuk memastikan permukaan benar-benar bersih.

Pilih produk peluntur karat sesuai kebutuhan. Jika Kamu menggunakan cairan komersial, ikuti petunjuk yang ada di kemasan. Untuk bahan alami seperti cuka atau lemon, oleskan atau semprotkan pada area berkarat dan diamkan beberapa saat.

Setelah cairan peluntur karat bekerja, gosok area tersebut menggunakan sikat baja, sikat gigi bekas, atau amplas halus. Gerakan menggosok perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak cat mobil yang masih bagus.

Bilas area tersebut dengan air bersih dan keringkan segera. Jangan biarkan sisa cairan peluntur karat menempel terlalu lama karena bisa merusak lapisan cat yang sehat. Tambahkan area tersebut dengan primer atau cat anti-karat. 

Ini penting untuk mencegah karat muncul kembali. Jika area yang terkena cukup besar, mungkin perlu dilakukan pengecatan ulang oleh profesional.

Baca Juga: Mau bisnis Cover mobil merek sendiri? coba di tempat bikin cover ini

Bagaimana Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat?

Setelah karat dihilangkan, langkah selanjutnya adalah mencegah agar masalah ini tidak kembali terjadi. 

  1. Cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan kotoran, debu, dan residu yang dapat menyebabkan karat.
  2. Gunakan pelapis anti karat. Ada produk khusus seperti wax atau pelapis anti karat yang bisa Kamu aplikasikan pada mobil. 
  3. Jaga mobil tetap kering dan bersih dengan cover mobil. 
  4. Jika memungkinkan, parkir mobil di garasi atau tempat yang terlindung dari hujan. Atau gunakan penutup mobil yang sesuai fungsinya (waterproof, anti debu, atau anti panas)
  5. Lapisi bagian bawah mobil dengan undercoat, karena bagian ini sering kali terpapar air dan lumpur yang bisa memicu karat.

Di antara cara menghilangkan karat mobil yang paling direkomendasikan adalah produk komersial. Alasannya karena sebuah produk khusus telah dibuat, dan pasti kandungannya telah disesuaikan. 

Sementara itu untuk pencegahannya, cover mobil atau penutup mobil telah disepakati sebagai cara yang efektif. Jika kamu tidak sanggup membelinya, carilah harga yang terjangkau atau produk ekonomis. 

Pembelian di produsennya mungkin akan membantu. Coba pilih cover mobil di covermobilmu.com atau Shopee dan Lazada Gicut Smarket. Keduanya memproduksi sarung  mobil langsung, dengan kualitas yang oke. 

Itulah rekomendasi yang bisa Cover Mobilmu bagikan. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Biaya Servis Rem Mobil di Bengkel Resmi dan Lama Pengerjaannya

Biaya Servis Rem Mobil – Memiliki kendaraan berarti harus siap dengan semua…

Mencuci Mobil dengan Air Hujan, Bolehkah?

Mencuci Mobil dengan Air Hujan – Apakah kamu pernah memikirkan mengenai cara…

Kumpulan Review Chery Tiggo 5X Dari Kompas, Oto & Carmudi, Lengkap!

Review Chery Tiggo 5X – Keponya peminat mobil memang tidak ada habisnya,…

Mobil Omoda Buatan Mana? Ketahui Asal, Harga, Dan Spesifikasinya

Mobil Omoda Buatan Mana – Kabar tentang mobil terbaru keluaran Chery “Omoda”…