Apakah Cover Mobil Merusak Cat - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Apakah Cover Mobil Merusak Cat – Pemilik mobil sering mencari cara untuk melindungi kendaraan mereka dari berbagai hal yang dapat merusak mobil. Salah satu cara yang umum adalah menggunakan cover atau penutup. 

Cara ini diyakini dan telah digunakan secara luas untuk melindungi mobil dari paparan panas, yang dapat memudarkan warna. Juga terbebas dari tumpahan air hujan yang dapat menyebabkan karat dan kerusakan mesin. 

Semua dilakukan demi memberikan perlindungan pada mobil, dan mengurangi risiko kerusakan. Namun, muncul dugaan bahwa menggunakan cover mobil justru bisa merusak cat. 

Topik ini telah membuat pemilik tutup mobil menjadi khawatir, apakah masih harus digunakan atau tidak. Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya kita perlu mempertimbangkan beberapa faktor. 

Artikel ini akan menjelaskan apakah cover mobil merusak cat dan menimbulkan kerusakan. Sehingga kamu dapat berhati-hati dan tidak melakukannya agar hal yang sama tidak perlu terjadi. 

Penggunaan Cover Mobil Yang Merusak Cat 

Apakah-Cover-Mobil-Merusak-Cat-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket-3

Memakai penutup mobil tidak serta merta dapat langsung merusak cat. Ada faktor kedua dan seterusnya yang membuat penutup mobil ini memberikan dampak negatif. 

Jika kamu adalah pemilik mobil, sebaiknya perhatikan penggunaan cover mobil yang dapat merusak cat di bawah ini. Sebaiknya hindari segera jika Kamu pernah atau sering melakukannya. 

1. Menutup Mobil Tanpa Dibersihkan

Cover mobil berfungsi untuk mencegah kotoran dari luar masuk ke dalam atau menempel pada badan mobil. Namun, jika kotoran itu sudah terperangkap di dalam, maka tidak akan bisa dihindari. 

Kebersihan cover mobil dan permukaan mobil itu sendiri sangat penting dalam mencegah kerusakan cat. Debu, kotoran, dan partikel lain yang terperangkap antara cover dan permukaan mobil bisa bertindak seperti amplas kecil. 

Saat cover mobil digeser atau bergoyang oleh angin, partikel-partikel ini bisa menggores permukaan cat. Sehingga cat mungkin mengalami kerusakan kecil, dan bisa membesar jika dilakukan dari waktu ke waktu. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mobil dalam keadaan bersih sebelum memasang cover. Dan sarung mobil itu sendiri juga harus dibersihkan secara berkala ya. Jangan malas, oke?

Baca Juga: Boleh gak cuci mobil dengan air hujan? ini penejelasannya

2. Kondisi Cat Mobil

Kondisi cat mobil itu sendiri juga harus diperhitungkan. Mobil dengan cat yang baru diaplikasikan atau cat yang sudah mulai menipis lebih rentan terhadap kerusakan akibat penggunaan cover mobil. 

Pada mobil yang  baru di cat ulang, disarankan untuk menunggu beberapa minggu setelah pengecatan sebelum menggunakan penutup mobil. Hal ini untuk memastikan cat sudah benar-benar kering dan mengeras.

Jika kamu menggunakan cover saat cat masih belum kering sempurna, kerusakan cat akibat gesekan tidak bisa dihindari. 

3. Tidak Mengeringkan Mobil

Apakah cover mobil merusak cat? jawaban ketiga ini mirip dengan poin pertama. Cover mobil bisa merusak cat jika dipakai dalam kondisi basah tanpa dikeringkan lebih dulu. 

Air hujan atau air mengandung banyak senyawa, termasuk senyawa asam penyebab korosi. Saat mobil basah ditutup, maka akan muncul kelembaban yang menyebabkan pertumbuhan jamur dan korosi pada tahap lanjut. 

Oleh karena itu, sebaiknya pastikan mobil dalam keadaan kering jika ingin menggunakan cover. Khususnya saat akan disimpan atau ditutup dalam waktu lama. 

Cara Menggunakan Penutup Mobil Yang Tepat

Apakah-Cover-Mobil-Merusak-Cat-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket-2

Setelah mengetahui penggunaan sarung yang dapat merusak cat mobil. Sekarang waktunya pemilik mobil untuk berbenah dengan merubah kebiasaan tersebut, dan memulai kebiasaan baik. 

Selain itu, kamu mungkin perlu mempelajari cara lainnya untuk mencegah dampak buruk dari penggunaan cover mobil. Coba perhatikan hal berikut: 

1. Jenis Cover Mobil

Cover mobil tersedia dalam berbagai bahan dan kualitas. Beberapa bahan yang umum digunakan untuk cover mobil termasuk:

  • Kain polyester: Biasanya ringan dan mudah digunakan, breathable juga. Namun tidak selalu tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem.
  • Bahan PE: Biasanya 100% waterproof dan digunakan untuk cover mobil transparan
  • Kain kanvas: Lebih berat dan tahan lama, tetapi bisa menjadi terlalu kasar untuk cat mobil jika tidak diperlakukan dengan benar.
  • Parasut: harganya terjangkau, ringan dan sering digunakan karena sifatnya yang tahan air meski tidak 100%, dan mudah dibersihkan.

Kenapa perlu mempelajari bahan cover mobil yang bagus? tentu saja agar kamu dapat memilih dengan baik. 

Jika kamu mengetahui spesifikasinya, kelebihan dan kekurangannya. Maka akan tahu bagaimana harus menggunakannya. 

Meskipun sarung mobil kamu bukan yang harganya jutaan, asalkan memahami bahannya, semuanya bisa berfungsi sama baiknya dalam beberapa hal. 

2. Perhatikan Cara Pasang 

Cara memasang dan melepas penutup mobil juga mempengaruhi risiko kerusakan cat. Berikut adalah beberapa tips untuk penggunaan cover mobil yang tepat:

  • Pasang dan lepas dengan hati-hati: Hindari menarik atau menggeser cover secara kasar. Sebaiknya lipat dan buka penutup dengan lembut untuk mengurangi gesekan.
  • Jangan gunakan pada permukaan basah: Memasang cover pada mobil yang basah dapat menyebabkan kelembapan terperangkap antara sarung dan cat. Yang dapat menyebabkan bercak air atau bahkan korosi pada cat mobil.
  • Pastikan sarung terpasang dengan baik, agar tidak bergerak karena angin, yang dapat menyebabkan gesekan dan goresan pada cat.
3. Pilih Tempat Parkir

Lingkungan tempat mobil diparkir juga memainkan peran penting. Sarung mobil yang digunakan di lingkungan berangin atau berdebu cenderung lebih sering menggesek cat sehingga meningkatkan risiko goresan. 

Selain itu, penggunaan cover mobil di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan masalah lain.

Seperti pemanasan berlebih yang mungkin mempengaruhi cat, terutama jika penutup tidak memiliki sifat tahan panas.

Mengingat semua kondisi tersebut, jika ada area parkir yang bagus maka sebaiknya kamu memilih tempat tersebut. Namun jika tidak ada, rajinlah untuk membuka dan membersihkan mobil sewaktu-waktu. 

Baca Juga: Cari cover mobil aneka warna? Coba daftar ini

Yuk Tetap Pakai Cover Mobil!

Apakah-Cover-Mobil-Merusak-Cat

Apakah cover mobil merusak cat? Jawabannya adalah, tergantung pada berbagai faktor. Walaupun ada potensi risiko, penggunaan cover mobil memiliki banyak manfaat yang dapat melebihi potensi kerusakan jika digunakan dengan benar. 

Kamu bisa mencegah debu, kotoran lain yang sulit dibersihkan, dan paparan sinar matahari langsung. Hingga melindungi kerusakan mesin dan korosi akibat hujan. 

Untuk meminimalkan risiko kerusakan cat, kamu bisa memperhatikan spesifikasinya. Pelajari spesifikasi ini di covermobilmu.com, atau temukan harga yang bagus di produsen penutup mobil seperti Gicut Smarket

Karena Gicut Smarket adalah produsen, mungkin kamu bisa mendapatkan harga bagus dengan kualitas yang sama baiknya. 

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Warna Cover Mobil Yang Tidak Menyerap Panas? Ini Pilihannya!

Cover Mobil – Selain bahan, ternyata sebagian pemilik mobil juga sangat memperhatikan…

Warna Cover Mobil yang Bagus Sesuai Warna Mobilnya, Pilih Yuk!

Warna Cover Mobil yang Bagus – Menjaga penampilan mobil tetap prima adalah…

Bahan Cover Mobil Yang Bagus, Ini Daftarnya!

Bahan Cover Mobil Yang Bagus – Ada banyak jenis cover mobil dari…

Kelebihan Dan Kekurangan Cover Mobil Plastik, Nih Reviewnya!

Cover mobilmu – Sejak viral pada tahun 2020, pemakaian cover bening terus…