Arti Huruf Pada Mobil Matic - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Arti Huruf Pada Mobil Matic – Tahukah kamu, mobil matic semakin populer di kalangan pengendara karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan, terutama dalam pengoperasian transmisi. 

Ada transmisi otomatis yang lebih sederhana dibandingkan dengan yang terdapat pada mobil manual. Membuatnya jadi lebih praktis, terutama jika sering berkendara di perkotaan dengan lalu lintas yang padat. 

Namun, banyak pengendara baru yang mungkin masih bingung dengan berbagai huruf dan kode yang tertera pada tuas transmisi mobil matic. Apa arti dari huruf-huruf ini? Bagaimana cara menggunakannya dengan benar? 

Dibawah ini adalah daftar kode pada mobil matic, dan arti masing-masing dari huruf tersebut. Mau tahu ada apa saja? yuk simak. 

Apa Saja Daftar Kode Pada Mobil Matic?

Pada dasarnya, mobil matic menggunakan serangkaian huruf dan kode pada tuas transmisi untuk menginformasikan posisi gigi serta fungsinya. 

Setiap huruf atau kode tersebut memiliki peran penting dalam pengoperasian kendaraan. Mari kita lihat daftar kode umum yang terdapat pada mobil matic:

  1. P (Park)
  2. R (Reverse)
  3.  N (Neutral)
  4. D (Drive)
  5. L (Low)
  6. S (Sport) atau 2
  7. B (Braking)
  8. OD (Overdrive)
  9. M (Manual)
  10. Angka 1, 2, dan 3 (atau kadang ditulis “L”, “2”, dan “3”)

Baca Juga: Sarung Mobil Xenia Review Bahan Polyester Harga Terjangkau

Arti Huruf Pada Mobil Matic Yang Perlu Dipahami

Arti-Huruf-Pada-Mobil-Matic-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarke

Kedelapan kode diatas memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya posisi N atau P digunakan saat memanaskan mobil. 

Mengerti arti dari setiap huruf atau kode pada transmisi mobil matic adalah hal yang penting untuk mengemudi yang aman dan efisien. Selain itu, pemahaman ini juga membantu Kamu memanfaatkan fitur mobil secara optimal dalam berbagai kondisi berkendara. 

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai arti dari setiap kode yang umum digunakan pada mobil matic:

1. P (Park)

Huruf P adalah singkatan dari Park yang berarti parkir. Posisi ini digunakan ketika mobil berhenti total dan diparkir. 

Saat tuas transmisi berada di posisi P, transmisi terkunci, sehingga mobil tidak dapat bergerak. Fungsi ini sangat penting saat mobil diparkir di tempat yang miring untuk mencegahnya bergulir.

2. R (Reverse)

Huruf R merujuk pada Reverse yang berarti gigi mundur. Posisi ini digunakan ketika Kamu ingin mengemudikan mobil ke arah belakang. 

Penggunaan R harus dilakukan setelah mobil benar-benar berhenti, dan penting untuk berhati-hati saat menggunakannya untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan saat mundur.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Cover Mobil Plastik, Nih Reviewnya!

3. N (Neutral)

Huruf N berarti Neutral, posisi di mana transmisi berada dalam keadaan netral. Pada posisi ini, transmisi tidak terhubung ke mesin, sehingga mobil tidak bergerak meskipun mesin dihidupkan. 

N sering digunakan saat mobil berhenti sementara di lampu merah atau ketika ingin memindahkan kendaraan tanpa menyalakan mesin.

4. D (Drive)

Huruf D adalah singkatan dari Drive, yang merupakan mode untuk mengemudi maju. Saat tuas transmisi berada di posisi D, mobil akan bergerak maju dan secara otomatis mengatur perpindahan gigi sesuai dengan kecepatan dan beban mesin. 

Posisi D adalah posisi utama yang digunakan saat berkendara secara normal.

5. L (Low)

Huruf L berarti Low yang merujuk pada gigi rendah. Posisi ini digunakan saat Anda membutuhkan daya tarik lebih besar, seperti saat melewati tanjakan curam atau menuruni bukit. 

Di posisi ini, transmisi tidak akan berpindah ke gigi yang lebih tinggi sehingga mesin mendapatkan torsi maksimal.

6. S (Sport) atau 2

Huruf S umumnya merujuk pada Sport mode, yang memungkinkan mobil berakselerasi lebih cepat dengan menahan perpindahan gigi ke putaran mesin yang lebih tinggi. 

Pada beberapa mobil, ini juga bisa ditandai sebagai 2 yang berarti gigi kedua untuk menghasilkan akselerasi yang lebih kuat dan responsif, sangat berguna saat mendaki tanjakan atau menginginkan tenaga ekstra.

7. B (Braking)

Pada beberapa mobil, terutama yang berjenis hybrid, terdapat huruf B yang berarti Braking. Mode ini digunakan untuk meningkatkan pengereman mesin saat mobil melaju di turunan, membantu memperlambat mobil tanpa terlalu banyak mengandalkan rem kaki. 

8. OD (Overdrive)

Kode OD adalah singkatan dari Overdrive, yang memungkinkan mesin bekerja pada kecepatan lebih rendah untuk menghemat bahan bakar ketika berkendara di jalan tol atau jalan datar dengan kecepatan tinggi. 

Saat OD aktif, mobil bisa berpindah ke gigi yang lebih tinggi untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Baca Juga: Sarung Motor Scoopy Pasti Fit Cocok Untuk Cewe Dan Cowo

9. M (Manual)

Pada beberapa model mobil matic, Kamu akan menemukan huruf M yang mengacu pada Manual mode. 

Ini memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan transmisi secara manual dengan memindahkan tuas ke atas atau ke bawah untuk mengubah gigi, meskipun tetap dalam sistem transmisi otomatis.

10. Angka 1, 2, dan 3 (atau kadang ditulis “L”, “2”, dan “3”)
Arti Huruf Pada Mobil Matic - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Adalah bagian dari pengaturan transmisi yang memungkinkan pengemudi untuk memilih gigi manual tertentu dalam situasi tertentu. Berikut adalah arti dari angka-angka tersebut:

  • 1 (atau L): Ini adalah gigi paling rendah. Saat kamu menggunakan posisi ini, transmisi mobil akan terkunci di gigi pertama, yang memberikan tenaga maksimal tetapi kecepatan rendah. Ini berguna saat kamu sedang melewati tanjakan yang curam atau menuruni bukit untuk menjaga laju kendaraan tetap stabil.
  • 2: Ini mengunci mobil di gigi kedua. Posisi ini berguna saat kamu membutuhkan lebih banyak tenaga daripada gigi 3, tapi tidak setinggi gigi 1, seperti saat melewati jalan dengan kemiringan sedang atau saat butuh akselerasi tambahan tanpa harus mengurangi kecepatan terlalu banyak.
  • 3: Mobil akan beroperasi di gigi 1 sampai gigi 3 saja, dan tidak akan masuk ke gigi yang lebih tinggi. Ini biasanya digunakan ketika mengemudi di daerah dengan banyak tanjakan atau turunan yang cukup curam, tetapi tidak seterjal yang memerlukan gigi 1 atau 2.

Menggunakan angka-angka ini bisa membantu mengontrol laju kendaraan lebih baik dalam kondisi tertentu, seperti saat melewati jalan menurun atau berbukit.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dan yang Jarang Dipakai

Sudah Paham? Coba Terapkan Bertahap!

Sekarang, Kamu sudah bisa menggunakan mobil dengan memakai berbagai kodenya. Pahami arti huruf pada mobil matic dan gunakan saat diperlukan. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen mobil untuk hasil terbaik.

Jika ada kekurangan dalam daftar di atas, Kamu bisa mencari informasi lainnya yang diperlukan. Namun, kode diatas sudah merupakan daftar yang umum, dan seharusnya sudah mewakili secara keseluruhan. 

Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…