Bahan Cover Mobil Yang Bagus - Cover Mobilmu -By Gicut Smarket

Bahan Cover Mobil Yang Bagus – Ada banyak jenis cover mobil dari berbagai merek yang tersedia di pasaran. Meskipun masih satu produk, ternyata bahan pembuatannya berbeda-beda loh. 

Ada cover yang terbuat dari bahan polyester, pvc, hingga bahan parasut atau nilon. Kenapa bahannya berbeda? Ternyata untuk membedakan fungsinya. 

Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya. Itulah mengapa ada istilah bahan cover mobil yang bagus. Karena ada spesifikasi yang tak sama. 

Oleh karena itu, agar kamu tidak salah dalam menggunakan bahan cover mobil untuk melindungi mobilmu. Sebaiknya kenali dulu fungsi masing-masing bahan cover. 

Berbagai Jenis Bahan Penutup Kendaraan

Saat ini ada sekitar 6 jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat cover atau pelindung mobil. Jumlahnya mungkin bisa lebih banyak lagi, tergantung di negara mana cover tersebut diproduksi. 

Sebelum memberikan kamu kesimpulan mengenai  jenis bahan cover yang bagus. Covermobilmu akan menjelaskan dulu informasi masing-masing bahan. Berikut daftar bahannya:

  1. Bahan PVC
  2. Polyester
  3. Plastik PE
  4. Nilon atau Parasut
  5. Bahan Satin
  6. Bahan Katun

Setelah membacanya hingga selesai, kamu bisa mengikuti pendapat penulis. Atau membuat kesimpulan sendiri sesuai dengan informasi yang telah kamu baca. 

1. Bahan PVC

PVC adalah salah satu jenis bahan yang sering digunakan dalam industri cover mobil. Bahannya terjangkau, dan juga mudah dibentuk alias tidak kaku. 

Tapi, bukannya bahan PVC ini adalah bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan pipa, ya?

Kamu tidak salah! Memang benar, bahan PVC ini biasanya digunakan dalam banyak aplikasi, termasuk pembuatan pipa, fitting pipa, jendela dan pintu, lapisan kabel, lembaran film, hingga mainan dan barang-barang konsumen lainnya.

Kelebihan bahan ini meliputi dari kekuatan, ketahanan terhadap berbagai bahan kimia, isolasi listrik yang baik, serta kemampuannya dalam diubah bentuk dan diwarnai sesuai dengan kebutuhan.

Bahan ini dikenal tahan terhadap hujan dan paparan panas sinar matahari. Pernyataan tersebut tidak salah, namun ternyata tidak bisa terlalu lama. 

Cover dengan bahan ini tidak bisa berada di bawah sinar matahari terlalu lama, karena akan menjadi terlalu panas. Ini dapat berakibat buruk pada cat mobil, juga menjadi rentan terbakar. 

Bahan pvc juga tidak halus, jadi sebaiknya pilih cover mobil pvc yang diberi lapisan tambahan yang lembut. Dengan karakteristiknya tersebut, PVC lebih cocok untuk cover indoor. 

2. Polyester

Polyester adalah bahan yang kuat dan tahan lama. Selain ringan dan mudah dipasang, bahan ini juga bersifat breathable. Artinya ada pori-pori ventilasi udara, sehingga udara panas atau lembab bisa dikeluarkan. 

Dengan begitu, mobil tidak akan menjadi panas saat musim panas atau di luar ruangan. Dan tidak mudah berjamur karena lembab. 

Namun kekurangan bahan ini adalah tahan air, tapi tidak kedap air. Artinya, saat hujan turun dengan deras dan membasahi cover, air mungkin akan jatuh pada mobil atau benda di bawah bahan ini. 

Tapi cover mobil polyesternya sendiri tidak basah. Artinya air jatuh pada mobil, tidak diserap oleh material covernya. 

Coba cek harga cover mobil bahan polyester harga terjangkau di Shopee Gicut Smarket – produsen cover mobil.

3. Plastik PE
Bahan-Cover-Mobil-Yang-Bagus-PE-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket

Pernah melihat cover mobil yang terbuat dari bahan plastik? seharusnya pernah. Bahan ini banyak dimanfaatkan untuk cover transparan yang memang 100% waterproof.

Bahan plastik PE ini awalnya digunakan dalam industri kemasan. Lalu penggunaanya semakin diperluas karena sifatnya yang fleksibel dan tahan lama. 

Karena bahannya anti air atau 100% waterproof, pemakaian saat hujan sangat bagus. Namun, sebaiknya tidak digunakan terus menerus selama musim panas di luar ruangan. 

Karena bahan ini tidak breathable, jadi dapat menimbulkan lembab atau panas jika dibiarkan terpasang dalam waktu lama. Kecuali, jika ada ventilasi udara pada cover mobilnya. 

Coba cek harga selimut mobil bahan PE transaparan harga terjangkau di Shopee Gicut Smarket – produsen Penutup mobil.

4. Nilon atau Parasut
Bahan-Cover-Mobil-Yang-Bagus-Parasut-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket

Sebenarnya ada sedikit ragu saat menulis informasi tentang bahan nilon dan parasut. Apakah keduanya dari bahan yang sama atau sama sekali berbeda?

Namun, dari informasi yang ditemukan, parasut terbuat dari jenis nilon. Jadi saya akan menganggap keduanya memiliki karakteristik yang sama. 

Jika kamu memiliki cover mobil bahan ini, dan telah memahami karakteristiknya sendiri. Mohon maaf jika ada ketidaksesuaian dalam informasi yang akan Covermobilmu bagikan.

Bahan nilon atau parasut adalah jenis bahan untuk sarung mobil murah. Meskipun murah, bahan ini anti air, tapi tidak 100%. 

Namun, bahan breathable, namun kurang. Jika mobil ditutup lebih lama di tempat tertutup dengan bahan ini, maka dalamnya kemungkinan akan lembab. 

Cover yang lembab dapat menyebabkan permukaan mobil mudah korosi atau karat. Jadi, usahakan digunakan di tempat terbuka, dan sering-seringlah dilepas untuk menghindari kelembaban. 

Juga, karena tidak menyerap air, sering-seringlah untuk menyekanya agar tidak berjamur. 

Lihat harga penutup mobil bahan parasut aneka varian dengan harga terjangkau di Shopee Gicut Smarket – produsen sarung mobil.

5. Bahan Satin

Satin adalah kain yang biasa digunakan dalam industri fashion. Kainnya sangat lembut dan mewah, pasti mahal jika dijadikan penutup mobil. 

Sama seperti bahan kain lainnya (parasut dan nilon), satin juga dapat melindungi mobil dari panas dan hujan. Namun saya tidak menemukan terlalu banyak informasi tentang bahan ini. 

6. Bahan Katun

Katun juga terkenal dalam industri mobil, namun lebih sering digunakan di dalam ruangan. Jika kamu akan menggunakan bahan ini, carilah yang beratnya antara 180-220 m2. 

Jika bahannya terlalu ringan, debu akan mudah masuk. Namun, jika bahannya lumayan tebal, itu akan menyulitkan mobil untuk bernafas. 

Apa Jenis Bahan Cover Mobil Yang Bagus? 

Sekarang waktunya menentukan mana bahan cover mobil yang bagus. Apakah kamu sudah menemukan jawabannya? 

Berdasarkan informasi yang diuraikan di atas, ada 3 bahan cover mobil yang dapat kamu pertimbangkan. Di antaranya:

  1. Bahan polyester
  2. Plastik PE, dan 
  3. Bahan parasut atau nilon

Bahan polyester menjadi pilihan pertama. Alasannya karena bahan ini nyaris sempurna: tahan air, breathable, dan tidak menyerap noda. 

Sedangkan penutup mobil transparan dari bahan plastik PE, sangat bisa diandalkan di musim hujan. Tidak khawatir mobil akan menjadi basah. 

Adapun bahan parasut, dia bisa melindungi mobil dari panas dan hujan, juga harganya yang terjangkau. 

Bagaimana menurut kamu tentang informasi tutup cover mobil yang bagus ini? apakah kita memiliki pendapat yang sama? 

Temukan berbagai jenis cover mobil, informasi tentang mobil dan otomotif hanya di covermobilmu.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Warna Cover Mobil Yang Tidak Menyerap Panas? Ini Pilihannya!

Cover Mobil – Selain bahan, ternyata sebagian pemilik mobil juga sangat memperhatikan…

Warna Cover Mobil yang Bagus Sesuai Warna Mobilnya, Pilih Yuk!

Warna Cover Mobil yang Bagus – Menjaga penampilan mobil tetap prima adalah…

Kelebihan Dan Kekurangan Cover Mobil Plastik, Nih Reviewnya!

Cover mobilmu – Sejak viral pada tahun 2020, pemakaian cover bening terus…

Apakah Cover Mobil Merusak Cat? Ternyata Ini Penyebabnya!

Apakah Cover Mobil Merusak Cat – Pemilik mobil sering mencari cara untuk…