Cara Mencuci Cover Mobil - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car cover juga sangat perhatian tentang cara memastikan penutup mobil tetap bagus. Sehingga penutup ini dapat berfungsi dengan baik. 

Pemikiran seperti itu sangat tepat dan perlu dipertahankan. Karena, jika pelindung luar mobil rusak atau kotor, tentu saja akan memberikan dampak yang buruk bagi kendaraannya. 

Hanya saja, apakah semua sarung mobil ini boleh dicuci? bagaimana cara mencuci cover mobil agar tidak rusak dan mudah dikeringkan? Tentu saja ini adalah hal yang perlu pemilik mobil pahami bersama. 

Oleh karena itu, cover mobilmu akan memberikan informasi yang menjadi jawaban dari kebingungan di atas. Nantinya, pemilik mobil bisa mulai menerapkannya pada cover mobil masing-masing. 

Apakah Cover Mobil Boleh Dicuci? 

Cover mobil adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk melindungi kendaraan dari berbagai kondisi cuaca dan debu. Seiring waktu, cover mobil bisa kotor dan memerlukan pembersihan. 

Banyak orang bertanya-tanya apakah cover mobil boleh dicuci, dan jawabannya adalah ya, cover mobil boleh dicuci. Namun, metode pencucian tergantung pada bahan dari cover tersebut.

Mencuci cover mobil dapat berguna untuk: 

  1. Kebersihan dan Penampilan. Cover mobil yang bersih tidak hanya terlihat lebih baik tetapi juga lebih efektif dalam melindungi mobil dari kotoran dan debu.
  2. Kesehatan Mobil. Kotoran, debu, dan polusi dapat merusak cat dan permukaan mobil jika dibiarkan menumpuk.
  3. Agar awet lama. Pencucian secara rutin membantu memperpanjang umur cover mobil, menjaga materialnya tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga: Cara pilih sarung mobil yang bagus sesuai warna mobilnya

Waktu Mencuci Penutup Yang Tepat

Cara Mencuci Cover Mobil

Jika kamu sudah merasa tenang bahwa sarung mobil bisa dicuci, sekarang cucilah pada waktu yang tepat. Jangan terlalu sering atau jarang sesuaikan dengan waktunya. 

Menentukan waktu yang tepat untuk mencuci cover mobil adalah kunci untuk menjaga kebersihan dan kualitasnya. Berikut adalah saat yang tepat untuk mencuci penutup mobil. Jika sudah ada di kondisi ini, sebaiknya segera dicuci ya.

1. Sering Digunakan

Jika cover mobil digunakan setiap hari atau dalam kondisi cuaca ekstrem (hujan, salju, debu berat), sebaiknya dicuci setiap 1-2 bulan sekali. 

Sementara itu, untuk penggunaan sesekali, cuci cover setiap 3-4 bulan atau ketika terlihat kotor. Jangan terlalu sering ya, khawatir menyebabkan permukaan cover menjadi kasar dan berpengaruh pada mobil.

2. Musim Hujan

Saat musim hujan, cover akan lebih sering digunakan. Basah, kotor, dan lembab menjadi penampilan sehari-hari. Jika kotorannya terlihat makin tebal dan khawatir akan sulit dihilangkan jika dibiarkan lama, segeralah cuci. 

Kotoran dan residu yang menempel pada permukaan sarung penutup dapat merusak material. Akibatnya cover mungkin tidak berfungsi dengan baik lagi jika dibiarkan dalam jangka panjang dan terus menerus. 

3. Ada Noda Bandel

Periksa cover secara berkala. Jika sudah terlihat kotor atau terdapat noda yang sulit dibersihkan dengan hanya mengibaskan, segera cuci.    

4. Sebelum Penyimpanan

Selain karena sering digunakan, musim hujan atau terlalu kotor, cover juga perlu dicuci jika Kamu berencana menyimpannya untuk jangka waktu yang lama.

Cuci dan keringkan terlebih dahulu untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bau.

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahannya

Cara Mencuci Cover Mobil Beda Bahan - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Penutup mobil boleh dicuci ya. Namun, metode pencucian tergantung pada bahan dari cover tersebut. Karena setiap bahan cover mobil memiliki karakteristik khusus, jadi cara perawatannya juga tentu berbeda. 

Sekarang coba periksa, penutup mobil bahan apa  yang kamu punya. Jika sudah dipastikan, berikut adalah cara mencuci cover mobil berdasarkan jenis bahannya:

1. Bahan Polyester
  • Keluarkan cover dari mobil dan kibaskan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang longgar
  • Isi ember besar dengan air hangat dan tambahkan deterjen ringan yang tidak mengandung pemutih.
  • Rendam cover selama 15-20 menit.
  • Gosok perlahan dengan tangan atau menggunakan spons lembut pada bagian yang sangat kotor. Bilas hingga bersih dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun.
  • Jangan peras cover, cukup gantung di tempat yang teduh dan biarkan mengering secara alami. Hindari sinar matahari langsung untuk mencegah kerusakan warna dan material.

Baca Juga: Contoh cover mobil silver bahan polyester harga terjangkau

2. Kain Microfiber

Keluarkan cover dan kibaskan untuk menghilangkan debu. Cover microfiber biasanya aman dicuci dengan mesin. Masukkan cover ke dalam mesin cuci.

Setelah itu tambahkan deterjen lembut dan pilih pengaturan pencucian yang lembut juga. Hindari menambahkan pelembut kain karena dapat merusak serat microfiber.

Begitu selesai, keringkan dengan mesin pada suhu rendah atau gantung di tempat yang teduh.

3. Bahan Karet (PVC atau Vinyl), Parasut & Plastik

Lakukan seperti step-step yang lain, yaitu dengan mengibaskan permukaan cover supaya debu tipisnya bisa hilang. Agar noda mudah hilang, sebaiknya campurkan air hangat dengan deterjen ringan dalam bak yang luas dan rendam sejenak.

Jika kamu takut cover menjadi kusut, sebaiknya cuci bersama dengan mobilnya. Jadi, permukaan cover tidak terlipat. 

Gunakan spons atau kain lembut yang dicelupkan dalam larutan sabun untuk menggosok permukaan cover. Bilas hingga tidak ada sisa sabun.

Selanjutnya gantung cover di tempat yang teduh dan biarkan mengering secara alami. Hindari menggulung cover saat basah untuk mencegah kerusakan bentuk dan material.

Baca Juga: Cover mobil bahan parasut apakah bagus? ini penjelasanya

Alasan Tidak Boleh Dijemur di Bawah Matahari

Mengeringkan cover mobil di bawah sinar matahari langsung memang bisa membuatnya cepat kering. Tetapi ada beberapa alasan mengapa ini tidak dianjurkan: 

  1. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan bahan melengkung atau berubah bentuk. Ini bisa mengurangi kemampuan cover untuk pas dengan baik di mobil Anda.
  2. Jika ada sisa sabun atau kotoran yang tidak terbilas dengan baik, sinar matahari langsung dapat menyebabkan noda atau bintik-bintik pada permukaan cover saat mengering.

Untuk menjaga kualitas dan umur panjang cover mobil gantung di tempat yang teduh dan berventilasi baik. Gunakan tali jemuran atau gantungan yang lembut.

Dan biarkan cover mengering sepenuhnya sebelum menyimpannya atau memasangnya kembali pada mobil. Pengeringan yang tepat akan mencegah pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap.

Yuk Rawat Atau Miliki Yang Baru!

Cara Mencuci Cover Mobil Aneka Varian - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Jika penutup mobil atau motor milik kamu warnanya sudah pudar, tipis, dan tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera diganti. Jangan khawatir, cover mobil tidak semuanya mahal. 

Coba miliki yang baru dan ganti cover lama dengan penutup dari Cover mobilmu x Gicut Smarket. Merek ini adalah produsen cover motor dan mobil lokal dengan penjualan ribuan. Selain harga yang terjangkau, kualitasnya juga cukup baik. 

Untuk melihat produk dan testimoninya, kamu bisa buka shopee Gicut Smarket, atau pesan langsung di covermobilmu.com. Jika ada produk dengan harga terjangkau tapi sesuai fungsinya, kenapa tidak?

Dengan mengikuti panduan cara mencuci cover mobil diatas, Kamu dapat menjaga cover dari kerusakan. Dan memastikan bahwa mobil Kamu juga tetap terlindungi dengan baik. 

Jika sudah terlalu usang, yuk pilih yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun? Ini 5 Hal Yang Bisa Dicoba

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun – Mobil yang bersih dan terawat adalah…