Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya. Sama halnya dengan mobil, agar tidak terjadi kerusakan atau penurunan kualitas. Kamu perlu menjaga mobilmu tetap dalam keadaan yang bersih dan menarik.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara mencuci mobil biar kinclong untuk mendukung penampilan terbaik dari mobil yang kamu miliki. Karena mobil yang tidak dicuci dengan benar justru bisa membuatnya kusam.

Mulai dari tahapan apa saja yang perlu disipakan, bagaimana mencuci mobil yang tepat, hingga cara mengurangi durasi pencucian mobil telah dijelaskan di bawah ini.

Sehingga kedepannya kamu bisa mengkuti langkah-langkah membasuh mobil agar tetap terlihat kinclong cemerlang. Dan bisa jadi lebih hemat tenaga dan uang untuk mengurus benda satu ini. Siap? Yuk simak.

Persiapan Sebelum Mencuci Mobil

Sebelum mencuci mobil, kamu harus membuat persiapan dengan baik. Siapkan alat-alat yang akan membantu kamu dalam proses pencucian, sehingga berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan.

Berikut ini merupakan beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum memulai mencuci mobil:

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Kamu harus memastikan terlebih dahulu tempat untuk mencuci mobil. Misalnya di tempat yang teduh, atau di bawah naungan, bila memungkinkan.

Hal ini dapat membantu kamu mencegah air yang mengering dengan cepat, yang dapat meninggalkan bercak pada permukaan mobilmu.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum mencuci mobil , ada baiknya menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti:

  • Ember dan wadah air bersih yang gunanya untuk mencampur sabun dan sebagai sumber air bersih untuk proses mencuci
  • Selang air dengan semprotan yang lembut digunakan untuk membilas mobil dengan air bersih sebelum dan sesudah mencuci
  • Spons atau kain microfiber yang lembut digunakan untuk mengaplikasikan sabun pada permukaan mobil.
  • Sabun mobil yang aman digunakan, bila perlu sabun khusus mencuci mobil yang tidak merusak lapisan wax atau sealant yang sudah ada. Jika ingin menggunakan sabun rumahan, baca dulu aturan cuci mobil dengan sunlight/sabun.
  • Sikat lembut (opsional) digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti velg atau sela-sela pintu
  • Lap kering atau alat pengering mobil digunakan untuk mengeringkan mobil setelah mencucinya.
3. Memeriksa Kondisi Mobil

Sebelum melakukan pencucian mobil, kamu harus memeriksa mobil secara keseluruhan.

Kamu harus memastikan bahwa tidak ada bagian mobil yang memiliki kerusakan atau cat yang terkelupas yang dapat menjadi lebih buruk jika dibasahi.

4. Memarkir Mobil dengan Aman

Kamu harus memastikan mobil telah diparkir di tempat yang datar dan aman. Jangan mencuci mobil di jalan raya atau tempat yang tidak datar, karena akan membahayakan diri sendiri.

5. Menyiapkan Waktu yang Cukup

Kamu harus memastikan dalam memiliki waktu yang cukup untuk melakukan proses pencucian dengan hati-hati dan teliti.

Pencucian mobil yang terburu-buru dapat berpotensi meninggalkan noda atau bekas sabun yang mungkin sulit untuk dihilangkan.

6. Melindungi Bagian-bagian Sensitif

Mobil memiliki bagian sensitif bila terkena air, seperti halnya bagian elektronik atau ruang mesin. 

Kamu harus memastikan hal tersebut untuk melindungi dengan cara yang tepat sebelum mulai mencuci. 

Baca Juga: Cover Mobil Outdoor Terbaik & Harga Terjangkau 2024

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Setelah persiapan selesai dilakukan, kamu bisa mulai melakukan tindakan mencuci mobil. Apabila ini pertama kalinya kamu mencuci mobilmu sendiri, berikut langkah-langkah untuk memulainya.

Hal yang kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, bilas permukaan mobil dengan air bersih yang disemprotkan ke seluruh bagian mobil, guna menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Dimulai dari bagian atas mobil dan turun ke bawah.
  2. Cucilah mobil dengan sabun mobil yang sudah dicampur dengan air bersih sesuai petunjuk kemasan. Dan pastikan tidak merusak lapisan wax atau sealant yang sudah ada pada mobil.
  3. Menggunakan spons atau kain yang lembut digunakan untuk pengaplikasian sabun ke seluruh permukaan mobil. Jangan menggosoknya terlalu keras untuk mengurangi risiko goresan pada cat mobil.
  4. Membersihkan bagian mobil yang sulit dijangkau dengan menggunakan sikat lembut. Kamu bisa membersihkan pada bagian velg atau bagian-bagian lain yang lebih kotor, seperti sela-sela pintu atau lubang ventilasi.
  5. Bilaslah dengan air bersih setelah mencuci mobil dengan sabun. Siramkan air dari atas ke bawah guna menghilangkan residu sabun dan kotoran.
  6. Langkah selanjutnya adalah mengeringkan mobil dengan lap kering atau alat pengering. Pastikan lap yang kamu gunakan lembut sehingga tidak meninggalakn goresan pada cat.

Baca Juga: Mencuci Mobil dengan Air Hujan, Bolehkah?

Melakukan Detailing untuk Hasil yang Maksimal

Detailing mobil merupakan proses mendetailkan setiap bagian pada mobil. Tujuannya untuk mencapai hasil yang maksimal dalam hal kebersihan, kilau, dan perlindungan. Berikut ini cara-cara yang dapat kamu lakukan:

  1. Mencuci mobil dengan seksama dan pastikan membersihkan seluruh bagian mobilnya.
  2. Mengeringkannya dengan hati-hati dan pastikan tidak meninggalkan bercak pada mobil. Selalu bersihkan lap pengering setelah digunakan sekali, supaya kotoran yang menempel tidak kembali lagi.
  3. Memeriksa dan membersihkan bagian-bagian yang kecil dan sulit dijangkau apalagi yang biasanya terabaikan.
  4. Mem Polish atau compound sebagai pilihan jika mobil memiliki goresan-goresan ringan atau noda yang sulit dihilangkan, bertujuan mengembalikan kilau dan kecerahan dari cat.
  5. Mengaplikasikan wax atau sealant yang dapat memberikan perlindungan ekstra dan meningkatkan kilau mobilnya. wax juga bertujuan dalam memberikan lapisan pelindung terhadap sinar UV, hujan maupun debu.
  6. Membersihkan jendela dalam dan luarnya dan merawat bagian interior seperti dashboard, kursi, dan panel pintu.
  7. Membersihkan velg dan ban dengan sikat khusus, memastikan membersihkan kotoran dan debu yang menempel di sela-sela velg untuk hasil yang maksimal.

Langkah terakhir adalah pastikan tidak ada bagian yang terlewat. Bahkan kamu bisa membersihkannya kembali jika diperlukan untuk memastikan mobilmu bersih, kinclong, dan siap digunakan.

Baca Juga: Warna Cover Mobil Yang Tidak Menyerap Panas? Ini Pilihannya!

Kurangi Durasi Pencucian Dengan Ini!

Cara-Mencuci-Mobil-Biar-Kinclong-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket-2

Menggunakan sarung mobil adalah solusi praktis untuk melindungi mobil dari debu, kotoran, air hujan, dan paparan langsung sinar matahari tanpa perlu mencuci mobil terlalu sering.

Jika mobil selalu terlindungi saat tidak digunakan, maka kamu hanya perlu mencucinya dalam kondisi kotor sedang hingga berat saja. Dengan begitu, waktu luang yang kamu miliki bisa digunakan untuk hal lainnya.

Jangan merasa sarung atau cover mobil ini mahal ya. Jika kamu merasa mahal, mungkin kelas main kamu terlalu tinggi. Padahal ada sarung mobil harga terjangkau dengan kualitas yang baik.

Bahkan bahannya dapat dipilih, ingin: PE transparan yang 100% waterproof, Parasut, atau bahkan polyester. Buka dan lihat harga terjangkaunya di Shopee Gicut Smarket – produsen cover mobil Indonesia.

Sudah ribuan pembeli, jadi kamu bisa melihat testimoninya jika memiliki keraguan. Apabila tidak ada aplikasinya, buka di Covermobilmu.com saja. Harga, merek dan kualitasnya sama.

Nah, selain mencuci mobil, sarung atau penutup mobil juga bisa menjadi cara memastikan mobil lebih lama kinclongnya.

Semoga informasi cara mencuci mobil biar kinclong ini kamu coba dengan baik. Agar hasilnya sesuai dengan apa yang kami tawarkan: kinclong dan hasil maksimal.

Jangan lupa pakai cover mobilnya ya. Pilih di Gicut Smarket solusi untuk kamu yang mencari harga terjangkau tapi maunya berkualitas. Semoga cocok!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun? Ini 5 Hal Yang Bisa Dicoba

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun – Mobil yang bersih dan terawat adalah…