Cara Menggunakan Sarung Mobil yang Benar - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Cara Menggunakan Sarung Mobil yang Benar – Karena sangat berharga, pemilik mobil selalu berhati-hati dengan penggunaan apapun untuk mobilnya, khususnya soal cover mobil. 

Meskipun sudah jelas bahwa penutup ini berfungsi untuk melindungi mobil, namun masih ada yang mencari “cara menggunakan sarung mobil dengan benar.”

Itu menjadi pertanda bahwa, di masa lalu, pengguna yang lain mungkin memiliki pengalaman kurang baik saat memakai  sarung mobil. Salah satu contohnya adalah munculnya mitos “mobil berwarna putih tidak boleh menggunakan cover.”

Jika kamu pernah mendengar mitos itu, sehingga takut menggunakan sarung mobil, maka bacalah artikel ini hingga tuntas. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan jawaban cara menggunakan sarung  mobil dengan benar, dan apakah mitos mobil berwarna putih juga fakta?

Simak pentingnya sarung mobil, cara penggunaannya yang benar, dan apakah mobil berwarna putih dapat menggunakan sarung mobil atau tidak dibawah ini. 

Apakah Cover Mobil Penting?

Cara Menggunakan Sarung Mobil yang Benar - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket (4)

Sarung, cover atau penutup mobil adalah perlengkapan pelindung yang dirancang untuk melindungi mobil dari berbagai faktor luar yang dapat merusak cat dan permukaan mobil.

Sesuai dengan tujuan pembuatannya, maka cover ini penting digunakan jika kamu ingin melindungi permukaan mobil dari: 

  1. Debu dan Kotoran
  2. Cuaca Ekstrem
  3. Risiko Goresan dan Benturan
  4. Paparan Sinar Matahari

Mobil yang diparkir di luar atau bahkan di dalam garasi, dapat terpapar debu dan kotoran. Debu yang menempel pada permukaan mobil dapat menjadi abrasif dan menyebabkan goresan halus ketika mobil dibersihkan. 

Selain itu, kotoran burung atau serbuk sari dapat menyebabkan noda pada cat mobil. Menggunakan sarung mobil membantu menjaga kebersihan mobil dari kotoran sehari-hari.

Cuaca ekstrem seperti hujan, panas matahari, dan angin kencang juga dapat merusak cat mobil dalam jangka panjang. Apalagu sinar UV dari matahari dapat menyebabkan cat mobil memudar, sementara hujan asam dapat mengikis lapisan pelindung cat.

Dengan cover mobil dan cara menggunakan sarung mobil dengan benar, masalah-masalah di atas dapat diatasi. Kamu pun bisa menghindari sisi buruk dari penggunaan cover. 

Baca Juga: Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Tips & Cara Menggunakan Sarung Mobil yang Benar

Menggunakan sarung mobil tidak semata-mata menutupi kendaraan dan pergi. Ada beberapa langkah dan tips penting untuk memastikan bahwa penggunaan sarung mobil tidak menyebabkan kerusakan pada body kendaraan. 

Silahklan pastikan bahwa kamu sudah mengikuti cara yang benar dalam menggunakan sarung mobil berikut: 

1. Pilih bahan yang tepat
Cara Menggunakan Sarung Mobil yang Benar - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket (2)

Sebelum membeli sarung mobil, pastikan untuk memilih ukuran yang tepat dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis bahan sarung mobil, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya: 

  • Bahan Polyester: Bisa melindungi dari sinar UV, debu dan kotoran, namun kurang tahan air, cocok untuk penggunaan di dalam ruang, atau luar ruangan tapi tidak di saat hujan. Jika hujan, pakai cover bahan waterproof saja. 
  • Bahan Parasut: Tahan air, melindungi dari sinar UV, namun tidak breathable, cocok untuk di luar ruangan dan bisa melindungi di musim hujan
  • Katun: bahannya lembut, sirkulasi udara bagus sehingga tidak menimbulkan lembab, cocok di dalam ruangan. Hanya saja tidak tahan air. 

Daftar di atas hanya 3 dari banyaknya jenis bahan yang digunakan, namun ketiganya cukup populer. Kamu hanya perlu memilih spesifikasi yang cocok. Jika ingin paket komplit sekaligus, kamu mungkin perlu membeli dengan harga lebih mahal. 

Selain bahan, ukuran juga harus pas ya. Hindari membeli cover mobil yang all size atau dibuat untuk semua ukuran mobil. Karena cenderung tidak pas dan dapat menyebabkan goresan atau terbang. 

Jika kamu ingin cover yang sesuai ukurannya, atau memilih dengan aneka  bahan dan warna, coba cek di Covermobilmu.com. Cover Mobilmu bersama Gicut Smarket adalah produsen sarung mobil. 

Kamu bisa mendapatkan harga terjangkau, dan aneka sarung  mobil dan motor yang paling banyak digunakan. Jika perlu, lihat reviewnya dulu di shopee Gicut Smarket. Semoga suka!

Baca Juga: Warna Cover Mobil yang Bagus Sesuai Warna Mobilnya, Pilih Yuk!

2. Bersihkan Mobil Sebelum Menutupinya

Sebelum menutupi mobil dengan sarung, pastikan mobil dalam keadaan bersih. Debu dan kotoran yang menempel pada permukaan mobil dapat menyebabkan goresan saat sarung mobil dipasang dan dilepas.

Bisa lakukan dengan: 

  • Memastikan mobil dicuci dan dikeringkan dengan baik sebelum ditutup jika kotor
  • Periksa area tersembunyi seperti celah pintu dan bumper untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.
3. Pasang Sarung Mobil dengan Hati-Hati

Saat memasang sarung mobil cobalah untuk bersikap tenang, mulailah dari bagian depan lalu ke belakang.  Pastikan semua bagian sudah tertutup dengan  baik, sebelum kamu memasangkan pengait pada velg. 

Cover yang bagus seharusnya memiliki jahitan keliling, dan pengait di keempat rodanya. Dengan begitu, sarung merekat dengan kuat dan menghindari gesekan atau lepas dan terbang. 

Di Covermobilmu.com, bersama Gicut Smarket, semua jenis sarung mobil memiliki pengait yang lengkap, juga karet yang dijahit keliling di setiap sisinya. 

4. Pastikan Sarung Mobil Kering 

Selain mobilnya, sarung mobil sebaiknya dalam keadaan kering juga sebelum digunakan. Sarung yang basah dapat menyebabkan jamur dan korosi pada cat mobil.

5. Jangan Lama-lama

Ini sangat penting! Penggunaan sarung mobil dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kelembaban terjebak di bawahnya, yang bisa menyebabkan korosi. 

Lepas sarung mobil sesekali untuk memberikan udara segar pada permukaan mobil. Buka sarung mobil secara berkala, dan pastikan permukaan mobil tetap kering.

Baca Juga: Warna Cover Mobil Yang Tidak Menyerap Panas? Ini Pilihannya!

Mitos dan Fakta? Mobil Warna Putih Tidak Boleh Memakai Cover

Cara Menggunakan Sarung Mobil yang Benar - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket (3)

Banyak mitos dan pernyataan bahwa mobil berwarna putih tidak dianjurkan menggunakan cover mobil. 

Hal ini karena berisiko menyebabkan perubahan warna, atau meninggalkan noda pada cat. Namun, apakah ini benar? Mari kita bahas lebih lanjut.

Mitos bahwa mobil berwarna putih tidak boleh menggunakan cover mobil mungkin berasal dari pengalaman beberapa pengguna, yang menemukan adanya perubahan warna atau noda setelah penggunaan cover. 

Namun, ini bukan masalah yang hanya terjadi pada mobil berwarna putih. Faktor-faktor seperti jenis bahan cover, kondisi lingkungan, dan cara penggunaan cover memainkan peran penting.

Mobil berwarna putih sebenarnya aman untuk digunakan dengan cover mobil, asalkan Kamu memperhatikan langkah penggunaannya. 

Misalnya dengan memilih bahan yang  tepat, memilih warna yang terang, membersihkan mobil dan cover sebelum digunakan, dan membuka sarung secara berkala. 

Baca Juga: Sarung Mobil Avanza Yang Bagus, Indoor dan Outdoor Sesuai Tipenya 

Sudah Tidak Bingung Lagi? Yuk Dapatkan Sarungnya!

Dapatkan cover mobil dengan kualitas bagus dan harga terjangkau hanya di Gicut Smarket atau Covermobilmu.com. Kamu dapat memilih aneka bahan, warna, dan model desain. Tentunya dengan ukuran yang pas dong. 

Buka Gicut Smarket  Shopee atau Lazada. Pembelian tanpa aplikasi bisa melalui Covermobilmu.com, buka di google, dan ketikkan namanya. Maka kamu akan menemukannya segera. 

Yuk coba! Sekian informasi tentang cara menggunakan sarung mobil yang benar. Jika kamu memiliki cara lain yang bagus, terus gunakan ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…