Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi – Cover Mobilmu sangat paham soal kekhawatiran Kamu terkait keamanan dan kondisi mobil yang diparkir di luar tanpa garasi. Terutama jika mobil jarang dipakai. 

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mobil jadi rusak, bahkan risiko pencurian sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyiapkan beberapa hal untuk menjaga kondisi mobil dan keamanannya. 

Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi baik, meskipun diparkir di luar? Berikut tips cara merawat mobil tanpa garasi yang perlu kamu coba dan terapkan di rumah ya. 

Bahaya Parkir Mobil di Luar dan Jarang Dipakai

Sebelum memberikan saran cara merawat mobil tanpa garasi, ketahuilah apa saja faktor dan risiko yang akan dihadapi kendaraan jika diparkirkan di luar. Dengan mengetahui risiko-risiko ini, kamu akan lebih siap untuk membuat antisipasinya. 

1. Paparan Panas dan Hujan  

Mobil yang terpapar sinar matahari secara langsung dapat mengalami kerusakan pada cat, kaca, dan bagian interior. Selain itu, hujan dan cuaca dingin yang berlebihan bisa menyebabkan korosi pada bodi dan komponen logam lainnya pada mobil. 

Selain itu, mobil yang diparkir di luar dan jarang dipakai akan lebih mudah terkena debu, daun kering, getah pohon, hingga kotoran hewan. Jika dibiarkan, semua ini bisa bekerjasama merusak mobil. 

2. Pencurian dan Vandalisme  

Mobil yang diparkir di luar, terutama di area yang minim pengawasan, memiliki risiko lebih tinggi terkena pencurian atau aksi vandalisme. 

Hal ini bisa mencakup pencurian kendaraan, pencurian barang di dalam mobil, atau bahkan perusakan seperti penggoresan bodi mobil. 

3. Kerusakan Mesin dan Aki 

Mobil yang jarang dipakai rentan mengalami masalah pada mesin dan aki. Mesin yang tidak dihidupkan dalam waktu lama bisa mengalami kerusakan pada sistem pelumasan.

Sedangkan aki bisa kehilangan daya karena tidak ada arus listrik yang mengalir secara rutin.

4. Ban Kempes atau Retak

Mobil yang jarang digunakan sering kali mengalami penurunan tekanan angin pada ban. Selain itu, ban yang terpapar panas dan dingin secara bergantian dapat retak, yang berisiko menyebabkan kebocoran.

Baca Juga: Cover Mobil Bahan Parasut, Apakah Bagus?

Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi dan Jarang Dipakai

Memiliki mobil tanpa garasi memang menantang. Berbagai faktor seperti paparan cuaca, keamanan, serta penurunan kondisi kendaraan bisa menjadi masalah. Namun, dengan perawatan yang tepat, tanpa garasi pun tetap aman. 

Apa yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga mobil tetap dalam keadaan baik dan aman, meski belum memiliki garasi sendiri? coba cara berikut:

1. Gunakan Sarung Mobil
Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (3)

Sarung mobil adalah hal pertama yang harus Kamu miliki. Cover ini dapat berperan sebagai “pengganti garasi” dalam hal menjaga tampilan dan keamanan mobil, terutama dari: 

  • Air hujan penyebab karat
  • Panas atau sinar UV penyebab kusam dan cat pudar
  • Debu dan kotoran
  • Mencegah pencurian, karena tampilan asli mobil tertutup

Tanpa cover atau sarung, mobil yang diparkir tanpa garasi mungkin tidak akan berumur panjang, tampilannya juga tidak akan terselamatkan. Oleh karena itu, mulailah menggunakannya. 

Harga cover mobil sangat terjangkau, Kamu bisa membelinya langsung dengan harga produsen di covermobilmu.com atau Shopee Gicut Smarket. Nantinya kamu dapat memilih cover dengan fungsi, bahan, dan warna berbeda. Antara lain: 

Di covermobilmu.com dan Shopee Gicut Smarket, jenis sarung mobil telah dibagi berdasarkan fungsinya: Anti hujan, untuk outdoor, dan pemakaian indoor. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung soal memilih yang mana. 

Harganya juga sudah garansi TERMURAH, free tas juga. Pembelian tanpa aplikasi bisa di covermobilmu.com. Melalui aplikasi bisa  buka di Shopee atau Lazada Gicut Smarket ya. 

Baca Juga: Apakah Cover Mobil Merusak Cat? Ternyata Ini Penyebabnya!

2. Rutin Hidupkan Mobil

Jika jarang dipakai, pastikan Kamu tetap menghidupkan mesin mobil minimal sekali dalam seminggu. Ini penting untuk menjaga sirkulasi oli dalam mesin dan memastikan aki tetap terisi daya. 

Jika memungkinkan, bawa mobil untuk berkeliling sejenak agar ban tidak mengalami deformasi akibat beban statis yang lama. Oke?

3. Cek Kondisi 

Periksa tekanan angin ban, kondisi aki, dan sistem pelumas secara rutin. Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, pertimbangkan untuk melepas kabel negatif pada aki agar tidak cepat habis. 

Selain itu, rutin periksa kondisi rem dan lakukan pelumasan pada bagian-bagian yang diperlukan. Jangan biarkan tangki kosong ya, karena dapat menyebabkan kondensasi di dalamnya, yang bisa menimbulkan karat. 

4. Parkir di Area yang Aman

Jika tidak memiliki garasi, parkirkan mobil di tempat yang memiliki tingkat keamanan tinggi seperti area yang dekat dengan kamera CCTV atau di tempat yang memiliki pengawasan.

Hindari parkir di bawah pohon yang berpotensi menjatuhkan ranting atau getah yang bisa merusak cat mobil.

5. Jaga Kebersihan

Meskipun mobil jarang dipakai, tetap rutin bersihkan luar dan dalamnya. Kotoran yang dibiarkan menempel terlalu lama bisa menyebabkan noda permanen atau merusak bahan tertentu. 

Gunakan cairan pembersih atau cuci mobil tanpa air jika kamu malas melakukannya, agar mobil tetap segar.

6. Tambahkan Sistem Keamanan

Pasang sistem keamanan tambahan seperti alarm, immobilizer, atau kunci stir. Ini dapat membantu mencegah upaya pencurian. 

Selain itu, perangkat GPS tracker juga bisa dipertimbangkan untuk memantau keberadaan mobil secara real-time.

Selain sarung dan keamanan lain, Kamu juga dapat menggunakan pelindung khusus yang ditempel pada kaca untuk menolak panas dan sinar UV. Paparan UV dapat merusak dashboard, membuatnya retak atau pudar.

Baca Juga: Warna Cover Mobil Yang Tidak Menyerap Panas? Ini Pilihannya!

Mobil Tanpa Garasi? No Worry!

Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (2)

Dengan mengikuti tips cara merawat mobil tanpa garasi di atas, Kamu bisa tetap menjaga mobil dalam kondisi baik. Meskipun harus parkir di luar tanpa garasi dan jarang digunakan. 

Keamanan mobil juga bisa ditingkatkan dengan langkah-langkah pencegahan seperti pemasangan sistem alarm dan parkir di area yang lebih aman. Atau, kamu bisa menambahkan gembok ban dan lainnya yang terpikirkan. 

Dan, bagian terpenting adalah menjaga tampilan mobil. Ingat, kondisi luar mobil adalah aset yang berharga, karena jika ini rusak, nilainya pasti menurun. Tidak ingin ini terjadi bukan?

Oleh karena itu, hilangkan perasaan was-was dengan menggunakan sarung mobil. Pilih cover bening dari Gicut Smarket yang dapat berperan sebagai jas hujan. Atau pilih warna-warna dan bahan lain sesuai selera dan kebutuhan ya. 

Ingat, dapatkan cover dengan  garansi TERMURAH dan free tas ya. Pembelian tanpa aplikasi bisa di covermobilmu.com. Melalui aplikasi bisa  buka di Lazada dan Shopee Gicut Smarket ya. 

Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…