Tips Membeli Mobil Bekas - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang bijak jika Kamu ingin mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau. 

Namun, banyak yang khawatir akan kemungkinan merugi saat membeli mobil bekas. Maklum, kelayakan sebuah mesin tidak bisa langsung dilihat. Tampilan bisa saja mulus, tapi di dalamnya belum tentu bagus. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Terutama jika kamu seorang amatir, yang tidak paham sama sekali dengan mesin dan otomotif. 

Artikel ini akan membahas secara mendetail tentang tips membeli mobil bekas agar tidak rugi, dengan fokus pada beberapa aspek penting.

Sehingga setelah ini kamu dapat lebih hati- hati, dan tahu apa yang perlu diperhatikan dari kendaraan apapun yang akan dibeli. 

Bagian Yang Harus Diperiksa Dari Sebuah Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, ada beberapa bagian dari mobil yang harus diperiksa secara menyeluruh. 

Jika kamu tidak paham, bawalah seseorang yang mengerti atau ajak pemilik mobil bekas ke tempat bengkel mobil yang kamu percayai untuk memeriksanya langsung. Namun jika tidak dapat melakukannya, kamu bisa mencoba hal berikut: 

1. Mesin

Periksa kondisi mesin. Mintalah pemilik mobil untuk menghidupkannya, dan pastikan tidak ada suara aneh saat mesin dinyalakan. Kemudian lihat apakah ada kebocoran oli atau cairan lain di sekitar mesin.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa bagian belakang, apakah ada asap berwarna dari knalpot saat mesin dihidupkan. Jika ada salah satunya, berarti ada masalah pada mobilnya. 

2. Transmisi

Mobil itu memiliki dua jenis transmisi, matic (CVT) dan Sliding Mesh. Jika mobil bertransmisi manual, pastikan perpindahan gigi berjalan lancar.

Untuk transmisi otomatis, periksa apakah ada jeda atau hentakan saat perpindahan gigi. Apabila semuanya lancar, maka bagian transmisi aman dan bagus untuk digunakan. 

Baca Juga: Pameran GIIAS 2024 : Panduan Lengkap Agar Tidak Bingung

3. Interior

Periksa kondisi jok, dashboard, dan karpet mobil. Pastikan semua fitur elektronik seperti AC, radio, dan lampu berfungsi dengan baik. 

Kerusakan pada bagian ini memang tidak fatal pada kinerja mobil, tapi akan menimbulkan ketidaknyamanan. Kamu mungkin perlu mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya. Kecuali jika kamu tidak masalah dengan itu. 

4. Eksterior

Cek apakah ada goresan, penyok, atau tanda-tanda perbaikan di bodi mobil. Perhatikan kondisi cat mobil, apakah masih asli atau sudah banyak di cat ulang. 

Bagian ini posisinya sama seperti interior, jika kamu tidak keberatan maka semuanya bisa dipertimbangkan. 

5. Ban dan Suspensi

Periksa kondisi ban, apakah masih layak pakai atau sudah aus. Cek apakah suspensi mobil masih dalam kondisi baik, dengan mengendarai mobil di jalan yang bergelombang.

Jika suspensinya jelek, guncangan dan rasa sakit saat duduk akan sangat terasa. Ini akan mengganggu kenyamanan terutama dalam perjalanan jauh.

6. Riwayat Servis

Terakhir, jangan lupa tanyakan riwayat servis mobil, apakah mobil tersebut rutin mendapatkan perawatan atau tidak. Kendaraan yang sehat, pasti dirawat secara rutin. 

Berapa Km Mobil Bekas Yang Bagus?

Tips Membeli Mobil Bekas - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket (2)

Selain memeriksa bagian dalam mobil, ada cara lain yang lebih mudah untuk memperkirakan kondisi mobil. Terutama ketika membandingkannya dengan riwayat servis. 

Salah satu indikator penting dari kondisi mobil bekas adalah jarak tempuh yang tertera di odometer. Umumnya, mobil yang lebih sedikit digunakan akan lebih baik kondisinya. 

Berikut adalah panduan umum mengenai berapa km mobil bekas yang bagus:

  • Mobil dengan jarak tempuh di bawah 20.000 km per tahun: Ini dianggap jarak tempuh rendah dan biasanya mobil dalam kondisi baik.
  • Jarak tempuh antara 20.000 km hingga 30.000 km per tahun: Ini masih dalam batas wajar, namun perlu pemeriksaan lebih teliti.
  • Mobil dengan jarak tempuh di atas 30.000 km/tahun: Ini termasuk jarak tempuh tinggi dan memerlukan pemeriksaan mendetail, terutama pada bagian mesin dan transmisi.

Namun, selain jarak tempuh, penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana mobil tersebut digunakan dan dirawat. 

Mobil dengan jarak tempuh rendah tapi tidak dirawat dengan baik, bisa jadi lebih bermasalah dibandingkan mobil dengan jarak tempuh tinggi tapi terawat dengan baik.

Baca Juga: Jual Sarung Mobil Agya, Berbagai Pilihan Warna

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi

Tips Membeli Mobil Bekas Test Drive - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Jika kamu akan membeli mobil bekas, langkah-langkah berikut akan sangat membantu. Mulailah dengan tips pertama, lalu lakukan dengan langkah lainnya: 

1. Riset Pasar

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah riset harga. Cari tahu harga pasaran untuk tipe mobil yang akan kamu beli. Jika ada, bacalah ulasan dan pengalaman orang lain yang pernah membeli mobil bekas sebelumnya. 

2. Pemeriksaan Fisik dan Uji Coba

Lakukan seperti yang tertera pada pada “bagian yang harus diperiksa dari mobil” yang telah ditulis di atas. Periksa mobil secara menyeluruh termasuk mesin, transmisi, interior, dan eksterior.

Lakukan uji coba mengendarai mobil di berbagai kondisi jalan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Termasuk riwayat kendaraan mulai dari servis, perbaikan mobil, hingga apakah mobil pernah mengalami kecelakaan besar atau tidak.

3. Cek Dokumen

Selain mesin yang tidak kalah penting adalah dokumen kepemilikan yang sah. Jangan sampai kamu mendapatkan mobil yang tidak jelas asal-usulnya atau bermasalah dengan hukum ya. 

Periksa keabsahan dokumen kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Setelah itu pastikan nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera di dokumen.

4. Nego Harga

Berdasarkan hasil inspeksi dan riset harga pasar, lakukan negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik. Jangan ragu untuk meminta diskon jika kamu menemukan kekurangan pada mobil tersebut ya. 

5. Penandatanganan Kontrak dan Pembayaran

Buat kontrak jual beli yang jelas dan detail. Lakukan pembayaran melalui cara yang aman dan pastikan Kamu mendapatkan kendaraan dan dokumennya sebelum transfer. Dokumentasikan dan mintalah bukti bayarnya. 

Baca Juga: Cover Motor Anti Hujan, Bisa Lindungi Ini Bro!

6 Dokumen Jual Beli Mobil Bekas yang Wajib Ada

Saat membeli mobil bekas, ada beberapa dokumen penting yang harus Kamu pastikan ada. Dokumen-dokumen ini penting untuk memastikan keabsahan transaksi dan kepemilikan mobil. Berikut adalah 6 dokumen yang wajib ada:

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Dokumen ini merupakan bukti kepemilikan mobil dan sangat penting untuk diperiksa keasliannya.
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Adalah bukti registrasi dan identifikasi kendaraan. Pastikan STNK masih berlaku dan sesuai dengan kendaraan.
  • Faktur Pembelian, didapat dari dealer atau penjual pertama yang menunjukkan asal usul kendaraan dan riwayat pemilik sebelumnya.
  • Kuitansi Pembayaran. Kuitansi ini merupakan bukti pembayaran yang sah dan harus disertakan dalam transaksi.
  • Surat Kuasa. Jika Kamu membeli mobil melalui perantara atau makelar, pastikan ada surat kuasa dari pemilik asli.
  • Surat Perjanjian Jual Beli. Surat perjanjian ini memuat detail transaksi, termasuk harga, kondisi mobil, dan hak serta kewajiban kedua belah pihak.

Dengan memperhatikan semua tips membeli mobil bekas di atas, Kamu dapat mengurangi risiko rugi saat membeli mobil bekas. 

Baca Juga: Bahan Cover Mobil Yang Bagus, Ini Daftarnya!

Jaga & Sayangi Mobilmu Dengan Cover Ini Ya

Tips Membeli Mobil Bekas

Selalu lakukan pengecekan menyeluruh dan pastikan semua dokumen lengkap dan asli sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Jangan lupa jaga mobil bekas dengan cover mobil agar tidak mudah rusak. 

Mobil bekas berbeda dengan kendaraan baru secara keseluruhan. Tentu saja harus mendapatkan perhatian lebih, terutama soal menutupi luar mobil agar eksterior dan mesinnya tetap terjaga. 

Coba sarung mobil dari Gicut Smarket X Cover Mobilmu. Keduanya merupakan nama dan merek produsen sarung mobil lokal dengan penjualan ribuan, terutama di marketplace. Kamu bisa mendapatkan harga cover yang terjangkau tapi berfungsi dengan baik. 

Tersedia pilihan:

  1. Bahan PE, parasut dan polyester
  2. Pilih aneka varian warna
  3. Dibuat sesuai size mobil dan motor

Lihat informasi harga dan produk secara lengkap covermobilmu.com. Atau kunjungi Shopee (Buka disini:  shopee Gicut Smarket) dan Lazada Gicut Smarket untuk menemukan pelindung mobil/motor baru dan bekas. 

Pilih sendiri, jangan ragu menghubungi admin jika ada yang tidak kamu pahami. Mobil boleh bekas, cover juga boleh tidak premium, yang penting berfungsi dan cocok bukan? 

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun? Ini 5 Hal Yang Bisa Dicoba

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun – Mobil yang bersih dan terawat adalah…