Waktu Ideal Servis Motor Matic - Cover Mobilmu - By Gicut Smarket

Servis Motor Matic – Pertanyaan mengenai kapan waktu ideal servis motor matic? itu sama dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk servis sepeda motor.

Pemeriksaan secara menyeluruh untuk motor memang diperlukan. Namun, terkadang sebagaian dari kita bingung kapan harus melakukannya. Apalagi perempuan, soal seperti ini kebanyakan tidak tahu sama sekali.

Alhasil, motor menjadi rusak secara menyeluruh, karena tidak pernah diperiksa sekalipun. Kecuali saat terasa kendala, ups!

Simak artikel berikut ini mengenai kapan waktu ideal servis motor matic yang bisa kamu lakukan pada motor yang kamu miliki ya.

Apa itu Servis Motor?

Servis motor merupakan rangkaian tindakan dalam perawatan dan pemeriksaan yang dapat dilakukan secara teratur guna menjaga agar motor tetap dalam kondisi yang optimal.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa semua komponen dan sistem dalam motor berfungsi dengan baik, aman, serta efisien. 

Servis motor sendiri bukan hanya meliputi perawatan rutin seperti penggantian oli dan pemeriksaan filter udara. Tetapi juga pemeriksaan yang mendalam terhadap  berbagai sistem yang penting. 

Sistem penting tersebut meliputi mesin, sistem transmisi, sistem pendingin, sistem bahan bakar, sistem rem, suspensi, dan komponen lainnya.

Dalam melakukan servis motor, biasanya memerlukan waktu mulai dari sekitar 45 menit hingga satu hari lamanya. Semua tergantung antrian dan tingkat kerusakan ya.

Mengapa Servis Motor Diperlukan?

Waktu-Ideal-Servis-Motor-Matic-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket-2

Beberapa alasan penting servis motor diperlukan secara keseluruhan, seperti halnya berkontribusi pada performa, keamanan, dan umur panjang motor. 

Berikut ini adalah  6 alasan utama mengapa servis motor begitu penting.

1. Memberikan Ketahanan dengan Performa yang Optimal

Servis yang dilakukan secara rutin, komponen motor yang bersifat penting seperti halnya mesin, sistem pendingin, dan sistem transmisi (layaknya CVT pada motor matic) dapat dipelihara dengan baik.

Hal ini guna memastikan bahwa motor matic yang kamu miliki beroperasi dengan performa optimalnya, sehingga memberikan akselerasi yang baik, dan keefisienan dalam mengonsumsi bahan bakar.

2. Melakukan Pencegahan Kerusakan Lebih Lanjut

Servis yang dilakukan dengan teratur dapat membantu pendeteksian masalah kecil sebelum masalah tersebut menjadi besar dan memerlukan biaya yang mahal untuk diperbaiki.

Contohnya, melakukan penggantian oli yang dilakukan teratur dapat mencegah keausan yang berlebihan pada komponen mesin motor tersebut.

3. Memberikan Keamanan yang Meningkat

Motor memiliki komponen yang krusial, seperti rem, sistem penggerak, dan suspensi yang harusnya di cek secara berkala untuk memberikan manfaat dengan dipastikan komponen tersebut berfungsi dengan baik.

Servis yang dilakukan secara teratur dapat membantu menjaga keamanan pengendara untuk memastikan sistem rem dapat diandalkan dan suspensinya dapat menyerap guncangan dengan efektif.

4. Bisa Memperpanjang Umur Pakai Motor

Melakukan servis motor sesuai dengan jadwal, dapat membantu motor yang kamu miliki dapat memperpanjang umurnya.

Perawatan yang baik bisa mencegah kerusakan dini dan memungkinkan motor dapat tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang jauh lebih lama.

5. Mempertahankan Nilai Motor

Motor yang dirawat dengan sangat baik, cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada dengan motor yang tidak pernah dilakukan atau mendapatkan perawatan yang rutin.

Hal ini penting diperhatikan jika kamu memiliki rencana menjual motor kamu di kemudian hari.

6. Kenyamanan dalam Penggunaan Sehari-hari

Motor yang diperlakukan dengan perawatan yang baik akan memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam penggunaan sehari-hari.

Dengan performa yang baik dan penggunaan bahan bakar yang efisien dapat menghemat biaya untuk operasional jangka panjang.

Baca Juga: Tidak menyerap panas! ini pilihan warna cover motor/mobil yang cocok

Tindakan Umum Servis Motor

Berikut beberapa tindakan umum yang bisa kamu lakukan dalam melakukan servis motor, yaitu:

1. Penggantian Oli

Oli pada mesin motor merupakan pelumas utama yang dapat membantu mengurangi adanya gesekan dan mempertahankan suhu operasional mesin.

Penggantian oli secara teratur diperlukan guna mencegah adanya keausan yang berlebihan pada komponen mesin motor.

2. Pemeriksaan pada Sistem Transmisi

Motor matic memiliki sistem transmisi CVT atau Continuous Variable Transmission yang perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan jika diperlukan.

Gunanya hal tersebut adalah untuk memastikan bahwasanya perpindahan gigi dapat terasa lancar dan optimal.

3. Pemeriksaan Sistem Bahan Bahar

Pemeriksaan bahan bakar pada motor matic sendiri sangat penting dilakukan karena sistem bahan bakar memiliki peran yang krusial dalam kinerja mesin dan penggunaan bahan bakar yang rendah.

Penggunaan bahan bakar yang efisien dapat menghasilkan tenaga pada motor yang optimal dengan konsumsi bahan bakarnya yang rendah, sehingga menghemat biaya operasional dan pengurangan emisi gas buang.

4. Pemeriksaan Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang ada pada motor, seperti kipas dan radiator harus dilakukan pemeriksaan guna memastikan mesin tidak sampai kondisi overheat dan tetap dalam suhu yang optimal.

5. Pengecekan Sistem Rem

Pemeriksaan sistem rem secara berkala difungsikan untuk memastikan bahwa rem dapat berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan saat berkendara.

6. Pemeriksaan Ban dan Suspensi

Pemeriksaan ban yang dilakukan dapat meliputi tekanan angin ban, kondisi ban, serta sistem suspensinya juga perlu diperiksakan guna memastikan memberikan kenyamanan berkendara dan penanganan yang baik.

7. Pemeriksaan Elektrikal

Pemeriksaan ini bisa meliputi sistem listrik dan elektronik seperti pengapian, lampu, serta komponen lainnya yang perlu dilakukan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Kapan Waktu Ideal Servis Motor Matic?

Waktu-Ideal-Servis-Motor-Matic-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket-2_11zon

Dalam melakukan servis motor matic, sebaiknya pengendara mengikuti panduan yang diberikan oleh produsen motor dan mempertimbangkan kondisi penggunaan motor tersebut.

Berikut ini merupakan rekomendasi umum kapan waktu yang ideal dalam melakukan servis motor matic.

  1. Servis rutin yang dilakukan secara berkala, biasanya setiap 4000 km atau cukup dengan jangka waktu 6 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.
  2. Penggantian oli yang sebaiknya diganti sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan, biasanya setiap 1000-1500 km tergantung pada jenis oli yang digunakan.
  3. Pengecekan ban dapat dilakukan dengan memeriksakan tekanan angin dan kondisi umum pada ban setiap kali sebelum melakukan perjalanan yang jauh.
  4. Pengecekan rem sehingga dipastikan sistem rem berfungsi dengan baik, biasanya memeriksakan kampas rem dan cairan remnya setiap 6 bulan atau 6.000-10.000 km.
  5. Pengecekan sistem transmisi yang dilakukan sama halnya dengan pengecekan rem setiap 6 bulan atau 6.000 – 10.000 km. Lebih sering dibutuhkan jika sering mengendarai motor dalam kondisi yang berat.
  6. Perawatan tambahan seperti pembersihan filter udara setiap 6 bulan atau setiap 6.000 – 10.000 km. Jika filternya sudah terlalu kotor atau tidak dapat dibersihkan bisa diganti yang baru.
  7. Perawatan tambahan seperti penggantian busi yang berperan penting dalam proses pembakaran mesin. Waktu idealnya adalah setiap 1-2 tahun sekali tergantung jenis businya dan rekomendasi dari produsen motor.

Setelah membaca artikel ini, kamu pasti sudah paham mengenai kapan waktu ideal servis motor matic kan?

Selain servis yang dilakukan untuk memperpanjang umur motor, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan memberikan sarung motor loh!

Baca Juga: Punya mobil baru? pilih cover outdoor terbaiknya disini

Mau Coba Pakai Sarung Motor? Ini Pilihannya

Cover-Motor-Matic-Cover-Mobilmu-By-Gicut-Smarket

Sarung motor digunakan guna melindungi motor dari debu, sinar matahari, hujan, atau kondisi lingkungan lainnya. Hal itu menjadi penting agar perawatan motor yang kamu miliki makin terjamin.

Bagi kamu yang memerlukan perawatan tambahan untuk motormu, kamu bisa membeli sarung motor di Gicut Smarket – produsen sarung motor dan mobil.

Kelebihannya:

  1. Cukup varian warna
  2. Bisa untuk motor matic, motor bebek, dan motor cowok
  3. Bahan pilihan
  4. Pastinya terjangkau!

Coba cek harga di covermobilmu.com, atau pesan langsung di shopee dan lazada ya. Cek aja reviewnya.

Gicut Smarket menyediakan sarung dengan berbagai yang tersedia.

Sarung motor di toko kami adalah sarung motor yang pas digunakan dan sesuai dengan jenis motor sehingga memberikan pengalaman terbaik untuk melindungi motormu.

Bahan yang diberikan oleh kami juga berkualitas dengan bahan parasut wp yang anti air, perlindungan sinar UV, dan keunggulan lainnya yang sudah kami pertimbangkan.

Jadi, kalo kamu mau beli sarung motor, ke Gicut Smarket aja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Biaya Servis Rem Mobil di Bengkel Resmi dan Lama Pengerjaannya

Biaya Servis Rem Mobil – Memiliki kendaraan berarti harus siap dengan semua…

Mencuci Mobil dengan Air Hujan, Bolehkah?

Mencuci Mobil dengan Air Hujan – Apakah kamu pernah memikirkan mengenai cara…

Kumpulan Review Chery Tiggo 5X Dari Kompas, Oto & Carmudi, Lengkap!

Review Chery Tiggo 5X – Keponya peminat mobil memang tidak ada habisnya,…

Mobil Omoda Buatan Mana? Ketahui Asal, Harga, Dan Spesifikasinya

Mobil Omoda Buatan Mana – Kabar tentang mobil terbaru keluaran Chery “Omoda”…