Alat Pembersih Kaca Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Alat Pembersih Kaca Mobil – Mau membersihkan kaca mobil, tapi  bingung harus pakai apa agar tidak meninggalkan goresan? Yuk lihat daftarnya di bawah. 

Menjaga kaca mobil tetap bersih adalah bagian penting dari perawatan kendaraan. Kaca yang bersih tidak hanya meningkatkan tampilan mobil, tetapi juga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. 

Untuk itu, alat pembersih kaca mobil yang tepat sangat diperlukan. Kamu tidak bisa asal menggunakan lap atau sejenisnya, karena dapat merusak kaca. Apa saja alat pembersih kaca mobil yang dapat Kamu gunakan? 

Lihat daftarnya, juga cek beberapa alternatif sederhana yang bisa digunakan jika alat khusus tidak tersedia. Mau tahu ada apa aja? yuk simak. 

Daftar Alat Pembersih Kaca Mobil Dan Fungsinya

Menggunakan alat yang sesuai dapat membuat proses pembersihan kaca lebih mudah, dan hasilnya lebih maksimal. Cek daftar dibawah ini, lalu lihat apakah kamu memiliki salah satunya? 

1. Kain Mikrofiber

Kain ini memiliki serat halus yang dapat menyerap cairan dengan baik dan tidak meninggalkan goresan pada kaca. 

Mikrofiber sangat efektif untuk mengangkat debu, kotoran, dan noda dari permukaan kaca. Selain itu, kain ini juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan cairan pembersih kaca secara merata.

2. Squeegee
Alat Pembersih Kaca Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (2)

Adalah alat pembersih kaca yang dilengkapi dengan bilah karet di bagian bawahnya. Alat ini digunakan untuk mengeringkan kaca setelah dibersihkan dengan cairan pembersih. 

Squeegee sangat efektif untuk menghilangkan sisa air dan cairan dari permukaan kaca, sehingga tidak ada noda air yang tertinggal. Alat ini sering digunakan oleh para profesional karena hasil akhirnya yang sangat bersih dan bebas dari garis-garis atau bercak.

3. Applicator Pad

Merupakan bantalan busa atau kain yang digunakan untuk mengaplikasikan cairan pembersih atau pengkilap kaca. Alat ini membantu menyebarkan cairan secara merata di seluruh permukaan kaca. 

Applicator pad biasanya digunakan bersama dengan produk pembersih atau perlindungan kaca untuk memastikan hasil yang merata dan sempurna.

Baca Juga: Biaya Servis Rem Mobil di Bengkel Resmi & Lama Pengerjaannya

4. Scraper (Pengikis)

Scraper atau pengikis kaca adalah alat kecil dengan bilah tajam yang digunakan untuk mengangkat noda membandel seperti kotoran kering, stiker, atau sisa lem dari kaca.

Meskipun scraper efektif, penggunaannya harus sangat hati-hati agar tidak menggores kaca. Pilih scraper yang dirancang khusus untuk kaca mobil dan gunakan dengan teknik yang benar.

5. Brush Kaca

Alat ini biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran atau jamur yang menempel di sela-sela karet wiper atau di tepi kaca. 

Brush ini memiliki bulu halus yang cukup lembut untuk digunakan pada permukaan kaca tanpa merusak lapisan kaca. Alat ini berguna untuk membersihkan area yang sulit dijangkau dan sering terlewat saat pembersihan biasa.

6. Bottle Sprayer

Bottle sprayer adalah botol dengan penyemprot yang biasanya digunakan untuk mengaplikasikan cairan pembersih kaca. Alat ini memudahkan dalam penyemprotan cairan secara merata di seluruh permukaan kaca. 

Dengan kontrol yang baik, bottle sprayer membantu menghemat cairan dan memastikan penggunaannya tepat sasaran.

7. Wiper Kaca Manual

Alat ini digunakan untuk membersihkan area yang luas dengan cepat dan efisien. Bentuknya menyerupai wiper mobil, tetapi digunakan secara manual. Fungsinya untuk membersihkan kaca yang tidak terjangkau oleh wiper otomatis.

Baca Juga: Pembersih Jamur Kaca Mobil Dan Cara Menggunakannya

8. Pembersih Sudut dan Tepian Kaca

Alat ini dirancang khusus untuk membersihkan sudut dan tepian kaca yang sulit dijangkau oleh alat pembersih biasa. 

Dengan bentuk yang ramping dan fleksibel, alat ini memudahkan Anda untuk membersihkan area yang sering terabaikan, seperti sudut-sudut kaca dan area di bawah wiper.

9. Steam Cleaner

Steam cleaner adalah alat yang menggunakan uap panas untuk membersihkan kaca dan permukaan lainnya. 

Uap yang dihasilkan mampu melarutkan kotoran dan noda tanpa memerlukan bahan kimia. Alat ini tidak hanya membersihkan tetapi juga mensterilkan kaca, sehingga memberikan hasil yang lebih bersih dan higienis.

Pengganti Alat Pembersih Sederhana

Alat Pembersih Kaca Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (3)

Tidak semua orang memiliki akses ke alat-alat pembersih kaca mobil yang lengkap. Namun, ada beberapa alternatif sederhana yang bisa digunakan sebagai pengganti alat-alat tersebut.

Jadi, jika kamu tidak memiliki alat-alat yang profesional, masih ada alat lainnya yang dapat membantu. Gunakan alat berikut untuk membersihkan kaca mobil kamu. 

  • Kain yang lembut
  • Koran bekas
  • Botol semprot bekas
  • Karet penghapus
  • Spons cuci piring
  • Handuk bekas

Kain katun lembut dan koran bekas bisa menjadi alternatif pengganti mikrofiber. Sebelum menggunakan keduanya, pastikan kain yang digunakan tidak mengandung serat kasar yang bisa menggores kaca. Atau tinta pada koran tidak luntur saat digunakan agar tidak meninggalkan noda di kaca.

Untuk alat penyemprot, Kamu bisa menggunakan botol semprot bekas yang bersih. Alat ini memudahkan dalam pengaplikasian cairan secara merata di seluruh permukaan kaca, mirip dengan bottle sprayer khusus.

Jika hanya ada spons cuci piring, Kamu bisa menggunakannya. Pilihlah bagian sisi yang lembut untuk membersihkan kaca. Hindari menggunakan sisi yang kasar karena bisa merusak permukaan kaca. 

Baca Juga: Harga Cover Mobil Terbaik Anti Hujan Dan Debu, Yuk Pilih!

Cegah Kaca Mudah Kotor Dengan Cover!

Membersihkan kaca adalah suatu keharusan, jangan sampai membiarkan kaca kotor hingga berjamur. Namun masih ada cara jika Kamu ingin mengurangi frekuensi pembersihan kaca. 

Jika awalnya Kamu perlu membersihkan mobil, dan kaca mobil setiap 2 kali dalam sepekan, dengan cover, bisa jadi sepekan sekali, atau 2 kali sebulan. 

Cobalah gunakan cover atau sarung mobil yang sesuai dengan jenis atau tipe mobil yang Kamu miliki. Sarung mobil dapat melindungi kendaraan dari kotoran, debu, dan hujan. Dengan begitu, mobil jadi tetap mulus. 

Kamu bisa pilih: 

  1. Bahan polyester untuk melindungi dari panas dan debu
  2. Bahan Plastik PE, berfungsi sebagai jas hujan (anti air 100%)
  3. Cover bahan parasut, bisa untuk hujan, panas, dan debu

Pilih sarung mobil dengan harga terjangkau, jika kamu tidak ingin membeli dengan harga tinggi. Coba buka Gicut Smarket atau covermobilmu.com. Keduanya adalah toko cover mobil yang memproduksi sarung sendiri. 

Klik tombol merah yang tersedia untuk memilih jenis cover, melihat harga, atau cek review orang lain mengenai produk yang dijual. Oke? Yuk coba sekarang, jangan ditunda, nanti pasti lupa. 

Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…