Penyebab Kaca Mobil Buram - over Mobilmu By Gicut Smarket

Penyebab Kaca Mobil Buram – Ada banyak kondisi di mana kaca mobil menjadi buram dan amat mengganggu. Dalam kondisi lain, hal itu mungkin tidak begitu masalah, tapi saat hujan atau cuaca buruk di malam hari, bisa menjadi buruk. 

Ketika embun atau kelembaban menutupi kaca depan, pengemudi akan mulai kesulitan melihat jalan, rambu lalu lintas, dan kendaraan lain. Jika jarak pandang yang terbatas ini terus dibiarkan, akan sangat berbahaya. 

Selain itu, kaca yang buram juga memaksa pengemudi untuk lebih fokus, yang dapat menyebabkan kelelahan mata. Kondisi ini bisa meningkatkan stres dan kelelahan fisik, dan mengurangi kemampuan pengemudi untuk merespon situasi dengan cepat.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kendaraan dengan kondisi serupa, yuk pelajari apa saja penyebab kaca mobil buram dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan menundanya, karena bisa membahayakan banyak pihak. 

Beberapa Penyebab Kaca Mobil Menjadi Buram

Saat hujan, banyak pengemudi mengalami masalah kaca mobil yang menjadi buram. Ada beberapa penyebab utama mengapa kaca mobil bisa buram saat hujan:

1. Perbedaan Suhu    

Salah satu penyebab utama kaca mobil buram adalah perbedaan suhu antara bagian dalam dan luar mobil. 

Ketika udara luar dingin karena hujan dan bagian dalam mobil lebih hangat, kelembapan dalam udara cenderung mengembun di permukaan kaca, terutama jika AC mobil tidak dinyalakan atau suhu dalam mobil tidak dikontrol dengan baik.

Selain itu payung basah atau pakaian yang terkena hujan, juga dapat menyebabkan kaca berembun.

2. Kualitas Kaca Mobil yang Buruk

Kaca mobil yang buruk atau yang sudah tergores juga dapat menjadi faktor penyebab kaca menjadi buram saat hujan. 

Goresan atau cacat pada kaca bisa mempengaruhi cara cahaya menembus, sehingga cahaya yang tersebar saat hujan menimbulkan efek buram.

Baca Juga: Alat Pembersih Kaca Mobil Apa Aja? Ini Daftar Lengkapnya

3. Kondisi Wiper    

Terakhir, penyebab kaca mobil buram juga bisa disebabkan karena Wiper yang sudah aus atau karet yang tidak elastis lagi. Sehingga kaca tidak bersih sempurna saat wiper digunakan. 

Selain itu, cairan pembersih kaca yang tidak berkualitas atau habis juga menyebabkan kotoran dan debu menempel, memperburuk kondisi kaca buram saat hujan.

Wax  yang tidak cocok untuk kaca atau produk dengan kandungan minyak, dapat meninggalkan residu pada permukaan kaca. Residu ini menyebabkan air hujan menyebar tidak merata, menciptakan efek buram.

Cara Mengatasi Kaca Buram dan Berembun

Penyebab Kaca Mobil Buram - over Mobilmu By Gicut Smarket (2)

Sebelum memilih mengatasi masalahnya, lihatlah bagian mana yang salah. Jika Kamu sudah tahu masalahnya, soal mengatasi bisa disesuaikan dengan penyebabnya.

Cobalah beberapa cara mengatasi kaca buram berikut. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi kamu ya. 

1. Menggunakan AC dan Defogger  

Cara paling efektif untuk menghilangkan embun pada kaca adalah dengan mengaktifkan AC dan defogger. 

AC membantu menghilangkan kelembapan dari udara di dalam mobil, sementara defogger berfungsi untuk menghangatkan kaca, sehingga embun cepat menguap. Pastikan untuk menyalakan AC dengan mode sirkulasi udara dari luar untuk hasil terbaik.

2. Menggunakan Cairan Anti-Embun  

Cairan anti-embun yang khusus dirancang untuk kaca mobil bisa menjadi solusi praktis. Produk ini mencegah terbentuknya embun di permukaan kaca dengan cara menciptakan lapisan tipis yang menghalangi kondensasi. 

Cukup semprotkan cairan ini pada kaca bagian dalam dan ratakan dengan kain lembut.

Baca Juga: Pembersih Jamur Kaca Mobil Dan Cara Menggunakannya

3. Memastikan Kualitas Wiper

Pastikan wiper mobil dalam kondisi yang baik dan bersih. Ganti karet wiper secara berkala untuk memastikan bahwa wiper dapat membersihkan air hujan dengan efektif.

Gunakan juga cairan pembersih kaca yang berkualitas untuk membantu menjaga kejernihan kaca. Jangan lupa bersihkan kaca mobil secara rutin, dan hindari produk yang mengandung minyak atau bahan yang bisa meninggalkan lapisan di kaca.

Gunakan alat pembersih kaca khusus seperti kain microfiber untuk membersihkan kaca mobil. Supaya tidak meninggalkan serat atau goresan pada kaca.

4. Perbaiki Ventilasi Udara   

Pastikan ventilasi udara di dalam mobil berfungsi dengan baik. Periksa filter AC secara rutin dan bersihkan jika diperlukan untuk memastikan sirkulasi udara berjalan lancar. Buka sedikit jendela untuk meningkatkan aliran udara jika diperlukan.

 Usahakan untuk tidak membawa benda-benda basah ke dalam mobil, seperti payung atau jas hujan, yang bisa menambah kelembapan udara. 

Gunakan karpet mobil yang mudah menyerap air dan membersihkan bagian dalam mobil secara rutin untuk mengurangi sumber kelembapan.

Jika hujan tiba-tiba, hindari mengatur suhu dalam mobil terlalu ekstrem. Penyesuaian suhu secara bertahap lebih efektif mencegah embun dibandingkan dengan perubahan suhu yang tiba-tiba.

Baca Juga: Tempat Bikin Cover Mobil Merek Sendiri Atau Non Merek

Yuk Jaga Kaca Dan Tampilan Mobil Seutuhnya!

Jika wiper yang rusak atau salah menggunakan cairan pembersih, biaya menggantinya tidak begitu mahal. Namun, jika kaca buram akibat goresan atau sering terpapar sinar matahari, biayanya akan berbeda. 

Sebagai pencegahan, sebaiknya pemilik mobil menggunakan sarung mobil atau cover saat memarkirkan kendaraan. Supaya mobil tidak terpapar panas matahari, atau terkena hujan dan material lainnya. 

Harga cover mobil tidak mahal, Kamu bisa mendapatkan sarung mobil bahan polyester dengan harga 100rb an, atau parasut dengan estimasi 190-200rb. Cek produknya di covermobilmu.com, atau Lazada dan Shopee Gicut Smarket. 

Temukan cover dengan harga terjangkau untuk bahan: 

  • Anti hujan 100%
  • Parasut anti hujan, panas, dan debu
  • Polyester untuk debu, cipratan air, panas, dan sirkulasi udara

Rajinlah menggunakan cover mobil, dan lihat betapa berpengaruhnya hal kecil ini pada tampilan kendaraan, terutama bagian kaca. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…