Cara Melipat Sarung Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (2)

Cara Melipat Sarung Mobil – Ternyata, ada yang lebih sulit dari memasang sarung mobil, yaitu melipatnya. Banyak yang bingung bagaimana agar lipatannya rapi, dilipat dengan cepat, tapi juga bersih. 

Kenapa hal sepele ini menjadi masalah? Karena sarung mobil yang dilipat dengan sembarangan akan mengakibatkan kusut. Cover yang kusut tentu saja tidak nyaman dilihat, hal ini seperti memakai baju yang belum disetrika. 

Jika Kamu merasakan kesulitan serupa, cobalah tutorial cara melipat sarung mobil di bawah ini. Cover Mobilmu akan menjelaskannya menggunakan gambar dan deskripsi sekaligus. Jika kamu tipe yang tidak menyukai tutorial video, penjelasan ini bisa membantu. 

Baca Juga: Fortuner Diesel Atau Bensin, Mana Yang Lebih Baik?

Cara Melipat Sarung Mobil Yang Kering Dan Basah

Kamu akan selalu menemukan cover mobil dalam 2 kondisi, kering atau basah. Cara melipatnya sama, hanya saja perlu ada perlakuan yang berbeda saat sebelum cover dilipat. 

Pastikan kamu membersihkan cover sebelum dilipat, agar tidak perlu bekerja dua kali. Namun, abaikan hal ini jika Kamu buru-buru atau sedang ada di luar. Langsung lipat seperti petunjuk di bawah ini. 

1. Cara Membersihkan Sarung Mobil
  • Jika sarung mobil hanya berdebu, dan kamu ingin langsung melipatnya di atas mobil, coba bersihkan dengan kemoceng atau pembersih debu yang tersedia. 
  • Namun, apabila ada ruang untuk melepas cover secara utuh, angkatlah sarung dari mobil dengan hati-hati. Letakkan cover di lantai yang bersih, lalu goyangkan atau hentakkan agar debunya terbang. 
  • Untuk sarung mobil yang basah dan kotor, jangan lepas cover kecuali Kamu akan mencucinya. Sebaiknya lap menggunakan kain halus dan menyerap air. Tuang air untuk menghilangkan kotoran membandel. 

Setelah cover bersih dan kering, barulah mulai dilipat. Ikuti petunjuknya setelah ini.

Baca Juga: Tempat Bikin Cover Mobil Merek Sendiri Atau Non Merek 

2. Cara Melipat Sarung Mobil 
Cara Melipat Sarung Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Sarung mobil akan lebih rapi dan tidak kusut jika kamu mampu melipatnya secara teratur dan tertata. Mulailah dengan membersihkannya jika ingin. Satu hal yang perlu diingat, jangan menarik sarung dengan paksa, karena dapat  menggores permukaan mobil. 

Melipat cover akan lebih mudah jika dilakukan di lantai yang bersih. Namun hal ini sulit dilakukan jika kamu melipatnya di tempat parkir. Tapi tidak masalah, masih bisa dilakukan, berikut caranya: 

  • Supaya jangkauan lipatan lebih pendek, lipat bagian depan dan belakang dahulu. Caranya, tarik bagian depan ke tengah atau setengahnya dari tengah (kaca depan). Lakukan hal yang sama untuk bagian belakang. 
  • Selanjutnya, lipat bagian kanan dan kiri, tarik mereka ke tengah hingga menyentuh satu sama lain. Pada saat ini, posisi cover masih besar, Kamu perlu membuat lipatan sekali lagi. 
  • Lipat bagian kiri dan kanan sekali lagi, hingga cover tampak menjadi persegi panjang di atas mobil. 
  • Setelah itu, pindahlah ke bagian depan. Lipat bagian depan seperti menyelesaikan lipatan baju (membentuk kotak). Lipat dengan ukuran  yang kamu perlukan, hingga semua bagian terlipat dari depan ke belakang. 

Selain dilipat dalam bentuk kotak, kamu juga bisa membuatnya menjadi gulungan. Cara lainnya, kamu bisa membuat lipatan kanan dan kiri mobil dulu, hingga cover tampak memanjang ke depan dan belakang. 

Setelah itu barulah bagian depan atau belakang mulai dilipat atau digulung. Pilih cara mana yang menurutmu paling mudah untuk melipat sarung mobil. 

Baca Juga: Harga Cover Mobil Terbaik Anti Hujan Dan Debu, Yuk Pilih!

Paham Caranya? Yuk Pilih Cover Yang Ringan

Cover mobil bahan apa yang kamu miliki saat ini? setiap bahan umumnya memiliki tekstur yang berbeda. Ada yang mudah dan ringan saat dilipat, namun tak jarang juga sangat berat. 

Jika kamu merasa cover saat ini terlalu berat dan sulit dilipat sendiri, cobalah bahan yang ringan. Ada bahan sarung mobil parasut, plastik bening dan polyester. Ketiganya juga bagus sebagai cover mobil. 

Cara Melipat Sarung Mobil - Cover Mobilmu By Gicut Smarket (3)
  1. Bahan plastik melindungi mobil dari debu dan air 100%
  2. Cover parasut melindungi dari air hingga 90%, menahan debu, dan bisa melindungi dari sinar matahari
  3. Bahan polyester menahan mobil dari cipratan air, debu, dan panas matahari. 

Semua bahan dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, dan tentu saja ringan. Kamu dapat mencoba jenis-jenis bahan di atas sebagai covermobilmu.

Dapatkan sarung mobil dengan bahan tersebut di Shopee Gicut Smarket, atau buka covermobilmu.com.

Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…