Cara Mencuci Motor Listrik - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Cara Mencuci Motor Listrik – Mencuci motor dan kendaraan lainnya adalah hal yang biasa dilakukan, tidak ada rasa khawatir saat melakukannya. Namun, ini jadi berbeda saat kendaraan yang kamu bersihkan adalah motor listrik. 

Sesuatu yang berbasis “listrik” atau elektronik biasanya dekat dengan larangan terkena air. Karena dapat menyebabkan konsleting atau kerusakan. Sekarang, bagaimana dengan motor listrik, apakah sama sekali tak boleh tersentuh air? 

Pengguna dan pemilik motor listrik harap membaca hingga tuntas ya. Cover mobilmu akan berbagi informasi cara mencuci motor listrik yang aman. Serta menjawab pertanyaan apakah motor listrik bisa dicuci? dan pengetahuan lainnya. 

Bagaimana cara mencuci motor listrik yang aman tanpa merusak komponen-komponennya? Simak panduan lengkap berikut ini untuk menjaga motor listrik tetap bersih dan aman.

Apakah Electric motor Bisa Dicuci?

Motor listrik, seperti halnya motor berbahan bakar bensin, pasti akan terkena kotoran, debu, dan lumpur saat digunakan. Namun, mengingat motor listrik memiliki komponen elektronik yang sensitif terhadap air, Kamu mungkin bertanya-tanya apakah motor listrik bisa dicuci.

Jawabannya adalah: ya, motor listrik bisa dicuci. Namun, salah satu kekhawatiran utama adalah air yang bisa masuk ke bagian baterai, motor, atau sistem kelistrikan lainnya. 

Oleh karena itu, dilansir dari interview Kompas.com (30/07) bersama Abraham Sutadusastra, Product Specialist Alva, saat mencuci motor listrik, lindungi 2 komponen dan lakukan 1 hal penting berikut: 

Cara Mencuci Motor Listrik - Cover Mobilmu By Gicut Smarket
  1. Tutup soket listrik atau tempat charger motor
  2. Matikan MCB atau saklar motor yang ada dalam jok untuk memutus aliran listrik
  3. Semprot motor dalam jarak 60-100cm

Dengan melakukan ketiga hal tersebut, Kamu sudah bisa mencuci motor listrik dengan aman. Dan bisa melakukan pencucian motor seperti biasa. 

Baca Juga: Sarung Motor Vario Bahan Terbaik, Motor Anti Kusam & Karat

Cara Mencuci Sepeda Motor Listrik Dengan Aman

Sesuai dengan 3 syarat utama di atas, selanjutnya Kamu bisa mengurutkan langkah-langkah cara mencuci motor listrik yang aman. Jika pencucian dilakukan di tempat steam, beritahukan bahwa itu adalah  motor listrik. 

Mintalah petugas untuk menutup soket dan mematikan MCB atau Miniature Circuit Breaker yang ada di bawah jok sebelum memulai. Atau, Kamu bisa berinisiatif untuk melakukannya sendiri. 

1. Alat-alat yang diperlukan

Saat mencuci motor listrik, pemilihan alat dan bahan yang tepat sangat penting untuk mencegah kerusakan pada komponen elektronik. Berikut beberapa rekomendasi bahan dan alat yang aman digunakan:

  • Gunakan sabun pencuci kendaraan yang dirancang khusus untuk motor atau mobil. Sabun jenis ini umumnya memiliki pH yang seimbang dan tidak akan merusak cat atau lapisan pelindung motor.
  • Kain mikrofiber sangat disarankan karena tidak meninggalkan goresan pada permukaan motor. Selain itu, kain ini juga memiliki daya serap yang baik untuk membersihkan kotoran dan air.
  • Menggunakan spons lembut juga merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan body motor. Hindari menggunakan spons kasar atau sikat dengan bulu keras karena dapat merusak permukaan motor.
  • Selang air
  • Blower Udara untuk mengeringkan bagian yang sulit dijangkau. Alat ini membantu memastikan tidak ada air yang tertinggal di celah-celah kecil.

Sementara itu, jika ingin lebih aman, kamu juga bisa menggunakan plastik tahan air untuk menutupi bagian-bagian yang rentan terkena air seperti soket listrik. 

Baca Juga: Kapan Harus Ganti Ban Motor Tubeless, Begini Aturannya

2. Cara Mencuci Motor Listrik Yang Aman
Cara Mencuci Motor Listrik - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Berikut persiapan mencuci motor listrik sendiri: 

  1. Sebelum mencuci, pastikan motor dalam keadaan mati dan baterai telah dilepas (jika memungkinkan), atau matikan saja MBC nya. Ini untuk menghindari risiko hubungan arus pendek atau korsleting.
  2. Tutup semua bagian yang berisiko terkena air seperti soket pengisian daya
  3. Hindari penggunaan semprotan air bertekanan tinggi. Jika tetap digunakan, semprot dalam jarak 60-100cm
  4. Jika bisa, gunakan selang dengan aliran air rendah atau ember air untuk membasahi bagian yang ingin dibersihkan.
  5. Gunakan spons atau kain lembut yang dicelupkan ke dalam air sabun cuci ringan. Bersihkan bagian body motor dengan gerakan lembut untuk menghindari goresan pada permukaan.
  6. Roda dan rem biasanya menjadi bagian yang paling kotor karena terkena debu dan lumpur. Kamu bisa menggunakan sikat lembut atau kain untuk membersihkannya.

Setelah selesai mencuci, keringkan motor menggunakan lap kering yang lembut. Perhatikan bagian-bagian yang sulit dijangkau untuk memastikan tidak ada air yang tersisa.

Setelah motor kering, periksa semua bagian elektronik dan konektor apakah ada tanda-tanda air atau kelembaban. Jika ada, segera keringkan dengan lap kering atau blower udara. Mudah bukan?

Baca Juga: Cover Motor Anti Hujan, Bisa Lindungi Ini Bro!

Pakai Pelindung Ekstra Yuk!

Cara Mencuci Motor Listrik - Cover Mobilmu By Gicut Smarket

Setelah selesai, jangan lupa gunakan sarung motor supaya tetap bersih saat diparkirkan. Jika kesulitan mencarinya, coba pesan di Shopee atau Lazada Gicut Smarket, mereka menyediakan custom ukuran sarung motor. 

Karena saat ini belum banyak penyedia sarung motor listrik, jadi agak sulit mencari penutupnya. Maklum, motor seperti ini masih baru dan penggunanya tidak sebanyak motor bahan bakar bensin. 

Jadi, jika kamu butuh penutup motor dengan ukuran baru, atau bentuk mobil yang unik, pesan di Gicut Smarket. Hubungi admin toko dulu, baru beritahu apa yang ingin Kamu buat. 

Biasanya, sarung atau penutup motor menggunakan bahan WP parasut yang dapat melindungi dari hujan, panas, sekaligus debu. Jadi Kamu tidak perlu memiliki terlalu banyak jenis sarung motor. 

Pemesanan tanpa aplikasi juga bisa di google, cari covermobilmu.com, namun untuk ukuran khusus, bisa langsung di shopee Gicut smarket. Tekan tombol merah “pilih cover motor” dan kamu akan diarahkan ke toko cover motor. 

Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mau Mencuci Mobil Dengan Sabun/Sampo? Aman Untuk Bagian Ini!

Mencuci Mobil Dengan Sabun – Mobil adalah benda berharga yang memerlukan perawatan…

Cara Mencuci Cover Mobil Berdasarkan Bahan? Begini Caranya!

Cara Mencuci Cover Mobil – Selain soal merawat mobil, ternyata pemilik car…

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi, Apa Aja?

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang…

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong, Siapkan Ini!

Cara Mencuci Mobil Biar Kinclong – Memiliki benda artinya harus siap merawatnya.…